LIMBUR BERNAUNG DEKLARASI ODF, SANDAN MINTA TERAPKAN PHBS

 on Tuesday, February 26, 2019  




||www.beritakapuas.com||Pemerintah Kabupaten Sintang terus mengkampanyekan Program Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), khususnya bagi masyarakat ramai yang tinggal di wilayah pinggiran sungai. Progam ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan kabupaten sehat. Maka, terkait hal tersebut, Desa Limbur Bernaung Lestari di Kecamatan Serawai, mendeklarasikan Open Defecation Free ( ODF ), atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di desanya, pada Minggu, 24 Februari 2019.

“ Saya minta masyarakat Desa Limbur Bernaung Lestari untuk terus membudayakan pola hidup bersih dan sehat , ” kata Wakil Ketua DPRD Sintang, Sandan, saat menghadiri acara deklarasi Open Defecation Free ( ODF ) di Desa Limbur Bernaung Lestari Kecamatan Serawai tersebut.

Menurut Sandan, meskipun Desa Limbur Bernaung Lestari terletak di wilayah yang jauh dari perkotaan, namun diharapkan agar masyarakat bisa menjalankan PHBS untuk meningkatkan kebersihan dan menjaga kesehatan.

“ Saya yakin, dengan dijalankannya budaya bersih dan sehat ini akan menghasilkan sumber daya manusia ( SDM ) yang handal di desanya , ” kata Sandan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang ini juga  berpesan kepada masyarakat Desa Limbur Bernaung Lestari Kecamatan Serawai, supaya apa yang sudah dideklarasikan bukan hanya seremonial semata melainkan menjadi cerminan untuk tetap berkomitmen stop buang air besar sembarangan tempat.

“ Saya berharap deklarasi ini menjadi motivasi masyarakat Desa Limbur Bernaung Lestari untuk tetap melakukan pola hidup bersih minimal dari diri sendiri, sehingga dampak kedepannya bisa dirasakan oleh generasi penerus kita nantinya ,” tandas Sandan.

Kalau kita berak sembarangan, lalat terbang hinggap di kotoran, lalu lalat terbang hinggap di makanan kita, membawa ratusan kuman lalu termakan oleh kita, maka bisa menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh kita. Berbagai macam penyakit dapat ditimbulkan oleh hal yang nampak sepele ini. Jika hal ini terjadi pada anak kita tentu akan mengakibatkan pertumbuhan anak menjadi lamban, atau yang biasa disebut dengan  “ stunting “.

Dengan telah dideklarasikannya Open Defecation Free (ODF) semua warga tidak ada lagi yang buang air sembarangan. Agar semua warga baik itu anak anak, orang tua dan lainnya terlindung dari berbagai penularan penyakit. Terutama bagi anak-anak, karena hal itu bisa menggangu tumbuh kembang si anak tersebut. ( Rz )

LIMBUR BERNAUNG DEKLARASI ODF, SANDAN MINTA TERAPKAN PHBS 4.5 5 Rizky Tuesday, February 26, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Pemerintah Kabupaten Sintang terus mengkampanyekan Program Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), khususnya...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *