AKTA KEMATIAN TERNYATA PENTING MINIMALKAN MASALAH

 on Saturday, March 30, 2019  






||www.beritakapuas.com||Anggota Komisi A DPRD Sintang, yang juga wakil rakyat dari daerah Kayan Hilir, Hardoyo, menilai bahwa kesadaran masyarakat untuk mengurus akta kematian anggota keluarganya masih rendah. Padahal, kata dia, akta kematian tidak hanya diperlukan untuk mengurus uang pensiun, melainkan berguna untuk persyaratan pengurusan akta warisan, asuransi, hingga mengurus kepentingan perbankan. Selain berguna untuk syarat-syarat mengurus suatu keperluan, ia mengatakan akta kematian juga berguna sebagai validasi data kependudukan.

" Salah satunya untuk kepentingan data pemilih pemilu maupun pilkada. Ketika ada laporan atas meninggalnya penduduk, Disdukcapil pasti akan menerbitkan akta kematian dan menghapus data warga yang meninggal tersebut dari database kependudukan. Makanya, sering ada temuan penduduk sudah meninggal, tetapi tetap dimasukkan dalam data pemilih, karena memang tidak ada laporan mengenai meninggalnya penduduk bersangkutan ", katanya.

Menurut dia, masyarakat yang sadar mengurus Akta Kematian selama ini biasanya dari kalangan keluarga pegawai negeri sipil (PNS) karena diperlukan sebagai syarat untuk mengurus uang pensiun.

" Berbeda dengan Akta Kelahiran, masyarakat banyak yang mengurusnya. Namun, tidak banyak yang sadar mengurus Akta Kematian ", tambahnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat, bahwa permintaan akta kematian untuk peristiwa kematian yang telah lama terjadi atau lebih dari 10 tahun, maka prosesnya harus melalui penetapan pengadilan dulu, seperti tertuang dalam Surat Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Tanggal 17 Januari Tahun 2018 Nomor 472.12/932/DUKCAPIL.

Hardoyo mengharapkan para ketua RT serta kelurahan-kelurahan juga harus proaktif dalam pengurusan akta kematian, yakni segera melapor kepada Disdukcapil jika ada warganya meninggal untuk dibuatkan akta kematian.

" Ujung tombak-nya-kan RT yang paham dengan warganya ", pungkas Hardoyo. 
( Rz )

AKTA KEMATIAN TERNYATA PENTING MINIMALKAN MASALAH 4.5 5 Rizky Saturday, March 30, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Anggota Komisi A DPRD Sintang, yang juga wakil rakyat dari daerah Kayan Hilir, Hardoyo, menilai bahwa ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *