HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

KETUA DPRD SINTANG OPTIMIS TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH MENINGKAT






||www.beritakapuas.com||Menurut Bupati Sintang, Jarot Winarno, tingkat angka partisipasi pemilih di Kabupaten Sintang mencapai 77 %, mengacu pada hasil Pemilihan Gubernur lalu. Bupati berharap pada Pemilu Serentak 2019 ini nanti angka tersebut dapat naik dan mencapai 78 %.

Menurut Jarot, banyak kendala dan dinamika yang akan menyertai untuk menuju angka partisipasi 78 persen tersebut. " Perlu proses yang panjang, harus melewati rintangan teknis mulai dari perekaman e-KTP atau peraturan soal pindah memilih. Tidak dipungkiri, banyak pemilih yang ada di kota Sintang ini tidak dapat memilih karena domisili KTP nya masih kecamatan lain “, ujarnya saat acara Rakor Pemantapan Persiapan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang berlangsung di Gedung Pancasila, Kamis (14/3).

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward merasa optimis tingkat partisipasi pemilih untuk datang ke TPS akan lebih meningkat dibandingkan pada Pemilihan Gubernur beberapa waktu lalu. " Saya optimis akan meningkat, syukur-syukur bisa lebih dari 78 persen ", kata Jeffray kepada para wartawan.

Terkait dengan dinamika yang diungkapkan Bupati Sintang, Jeffray mengharapkan peran serta masyarakat pemilih semakin meningkat khususnya memperjuangkan hak-hak suaranya agar dapat memilih di pemilu nanti.

" Penyelenggara Pemilu sudah memberikan waktu yang sangat panjang untuk kita mengecek apakah terdaftar dalam DPT atau akan pindah memilih. Jadi jangan sampai pada hari H baru mempersoalkan hal tersebut. Nah bagi yang akan pindah memilih masih ada waktu untuk mengurusnya hingga tanggal 17 Maret nanti. Jadi jangan disia-siakan waktu tersebut. Masyarakat pemilih juga harus kooperatif dengan haknya ", tegas Jeffray.

Seperti diketahui, jumlah pemilih dalam Pemilu 17 April mendatang secara nasional berjumlah 192 juta lebih, baik di dalam maupun luar negeri. Berkaca pada Pemilu sebelumnya, secara nasional tingkat partisipasi pemilih berada di kisaran 70-75 persen. ( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *