WELBERTUS SUKAI SEMANGAT PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI PKR

 on Friday, March 22, 2019  




||www.beritakapuas.com||Anggota dewan daerah Kabupaten Sintang, Welbertus, menyatakan sangat mendukung dan menyukai semangat kawan-kawan ICMI OrDa Sintang yang telah merekomendasikan pendirian perguruan tinggi negeri di wilayah bakal Propinsi Kapuas Raya. Sebab PTN di wilayah bakal PKR tentu berimbas positif bagi masyarakat banyak yang ada di wilayah tersebut. Apalagi jika pendirian PTN ini bisa membantu mempercepat proses pendirian propinsi baru ini yang sudah lama dinantikan banyak pihak.

Beliau yakin bahwa PTN ini jika sudah berdiri akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalbar terutama masyarakat kawasan timur. Apalagi jika dikaitkan dengan peningkatan Angka Partisipasi Kasar ( APK ) pendidikan tinggi di Kalbar yang hanya 20,98 % , lebih rendah daripada Kaltara yang notabene adalah propinsi baru yang APK-nya sudah mencapai 24,35 %. PTN di wilayah bakal PKR juga berguna untuk mengurangi urbanisasi pendidikan tinggi, dimana PTN ini dapat menyediakan pilihan baru bagi orang tua dan calon mahasiswa untuk masuk PTN tanpa harus jauh dari daerah asal.

Berdasarkan kajian dari ICMI OrDa Kabupaten Sintang, yang prosesnya berlangsung sekitar 6 minggu, potensi calon mahasiswa di bakal wilayah PKR sangat besar, mencapai 36 ribu orang. Selain itu dengan adanya PTN ini, APK yang semula hanya 20% berpotensi meningkat ke angka 30-40%. Melalui ketua-nya, Kurniawan, ICMI bahkan sudah memikirkan berbagai alternatif nama PTN tersebut, yakni, Universitas Teknologi Sintang, atau Universitas Teknologi Sultan Nata, ataupun Universitas Teknologi Bumi Senentang. Sedangkan luas lahan yang dibutuhkan minimal 30 hektar. 

“ ICMI OrDa Kabupaten Sintang siap berkomunikasi dengan berbagai organisasi cendikiawan lainnya, seperti misalnya ISKA dan PIKI, dalam menindaklanjuti hasil kajian ini “, kata Kurniawan. 

Senada dengan Kurniawan, Welbertus menyarankan, dalam proses pendirian PTN ini harus mempertimbangkan berbagai hal, termasuk merangkul semua unsur-unsur yang ada untuk bekerjasama. Yang terutama tentu melibatkan pemerintah daerah dalam prosesnya. Jangan lupa juga mengenai tenaga pengajar-nya yang harus dicermati secara serius, juga wilayah / tanah tempat pendiriannya. Jangan sampai persoalan lahan menjadi polemik dan di kemudian hari ada sengketa lahan, seperti yang banyak terjadi di berbagai tempat. 

“Intinya, harus berkeadilan “, pungkas Welbertus. ( Rz )

WELBERTUS SUKAI SEMANGAT PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI PKR 4.5 5 Rizky Friday, March 22, 2019 Welbertus, Komisi C DPRD Kabupaten Sintang ||www.beritakapuas.com|| Anggota dewan daerah Kabupaten Sintang, Welbertus, menyata...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *