DEWAN HARAP WISATA SUNGAI TERUS BERKEMBANG SEBAGAI CERMINAN BUDAYA LOKAL

 on Monday, April 8, 2019  




||www.beritakapuas.com||" Sungai adalah bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan dari sebagian besar masyarakat Kalimantan Barat, khususnya kabupaten Sintang. Nah, di beberapa daerah, sungai sudah lama dikenal sebagai pusat kemeriahan dengan dilaksanakannya lomba dayung, khususnya antar penduduk lokal. Hal ini bisa dilihat dari lomba dayung perahu tradisional di Sungai Musi di Sumatera Selatan dan Sungai Sambas dan Mempawah di Kalimantan Barat, termasuk Sintang , " ujar Terry Ibrahim, Minggu ( 07 / 04 / 19 ).

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Sintang dari Partai Nasdem, Terry Ibrahim saat dimintakan pendapatnya terkait kegiatan Festival Bidar Race Kesultanan Sintang Tahun 2019.

Terry mengungkapkan, Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang sekitar 1.143 kilometer yang melintasi Kota Pontianak dan beberapa kabupaten, termasuk Sintang. 

" Saya sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kesultanan Sintang yang menyelenggarakan kegiatan Festival Bidar Race 2019. Lestarikan budaya kita dan jadikan sungai sebagai budaya kearifan lokal , " ungkap Terry.

Terry berharap, kegiatan yang dilaksanakan ini dapat dijadikan event tahunan, selain sebagai warisan, juga dapat menjadikan daya tarik wisata.

Lomba Sampan Bidar ini diikuti oleh 88 peserta dari empat kabupaten yakni, Sintang 32 klub, Melawi 1 klub, Sekadau 52 klub dan Sanggau 1 klub. Sistem lombanya terdiri dari 24 race untuk babak penyisihan, dalam satu race itu terdiri dari 4 team sampan dengan 8 pendayung utama dan 2 cadangan.

Kalimantan Barat memiliki banyak sungai. Namun, sungai tersebut kurang dikenal sebagai obyek wisata terutama pada tingkat internasional dibanding dengan sungai di Eropa, bahkan Asia Tenggara, seperti di Thailand dan Sungai Sarawak di Malaysia. Alih-alih menjadi sumber penghasilan sebagai tujuan wisata, masih banyak sungai di Indonesia yang kurang terurus dan banyak sampah. 
( Rz )
DEWAN HARAP WISATA SUNGAI TERUS BERKEMBANG SEBAGAI CERMINAN BUDAYA LOKAL 4.5 5 Rizky Monday, April 8, 2019 ||www.beritakapuas.com|| " Sungai adalah bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan dari sebagian besar masyarakat Kalimantan ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *