DEWAN SINTANG USUL CETAK SAWAH BARU

 on Thursday, April 4, 2019  




||www.beritakapuas.com||Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Komisi B, Hikman Sudirman, menanggapi sebuah pernyataan Bupati Sintang, Jarot Winarno, beberapa waktu yang lalu. Pernyataan tersebut mengenai masih minimnya lahan sawah yang ada di Kabupaten Sintang, seperti yang dikatakan oleh Bupati, yaitu hanya 7.700 hektar.

Menurut Sudirman, hal ini sangat miris jika melihat luas wilayah Kabupaten Sintang yang disebutkan seluas Provinsi Jawa Barat. Dirinya mengusulkan agar dilakukan program cetak sawah baru lebih dioptimalkan.

" Miris rasanya. Pemerintah Kabupaten tentu harus mendorong melalui dinas terkait untuk melakukan optimalisasi lahan dengan program cetak sawah baru , " ujar Sudirman.

Ditambahkan Sudirman, optimalisasi lahan untuk cetak sawah baru tersebut bisa dengan pemanfaatan lahan tidur ataupun juga lahan rawa yang masih banyak tersebar di Kabupaten Sintang.

Selain produktifitas sawah juga wajib ditingkatkan. Saat  ini  angka   produktifitas  nasional pertanian padi rata rata adalah  5 hingga  6  ton per hektar. Sedangkan  berdasarkan data panen padi kita  di Kabupaten Sintang, diperhitungkan rata rata hanya sekitar 2 hingga 3 ton per hektar.

" Sayang kalau lahan tidur ataupun rawa tidak dimanfaatkan untuk sawah, terlebih lahan rawa. Jadikan ini terobosan inovasi dan pemanfaatan , " tambah Sudirman kembali.

Sudirman juga melanjutkan, melalui program pertambahan cetak areal sawah baru, diharapkan akan mempercepat terealisasinya kemandirian dan kedaulatan pangan nasional.

" Jadikan kita mendukung program pemerintah untuk kemandirian dan kedaulatan pangan. Minimal kita bisa memenuhi kebutuhan daerah dan syukur syukur dapat diekspor keluar daerah ," kata politisi Partai Demokrat ini. 
( Rz )
DEWAN SINTANG USUL CETAK SAWAH BARU 4.5 5 Rizky Thursday, April 4, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Komisi B, Hikman Sudirman, menanggapi sebuah pernyataan Bupati Sintang...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *