KEBUTUHAN BERAS DOMESTIK, PEMKAB SINTANG BISA INOVASI LAHAN SAWAH YANG SUDAH ADA

 on Thursday, April 4, 2019  




||www.beritakapuas.com||" Optimalisasi lahan menjadi lahan produktif menjadi salah satu langkah pemerintah dalam peningkatan produksi khususnya lahan pertanian “. Demikian disampaikan Florensius Roni, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sintang, Rabu ( 03 / 04 / 19 ).

Dikatakan oleh Roni, Kabupaten Sintang merupakan daerah teritorial pegunungan. Sedangkan di wilayah lereng bukit banyak terdapat rawa rawa yang merupakan hamparan tanah subur. Meskipun biasa digunakan masyarakat dalam bercocok tanam padi, namun luas lahan yang ada masih belum termanfaatkan dengan baik dan dapat dikhawatirkan dialih fungsikan untuk sawit.

Roni menambahkan, dengan proyeksi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045, pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri menjadi tolak ukur yang nantinya berujung pada ekspor pangan.

" Minimal untuk pemenuhan kebutuhan domestik lah, sehingga kita tak perlu ekspor beras misalnya , " kata Roni menambahkan.

Memang, dengan luas wilayah hampir sama dengan Propinsi Jawa Barat dan jumlah penduduk sebanyak empat ratus sepuluh ribu jiwa, dengan luas lahan pertanian padi sawah yang produktif ada sekitar tujuh ribu tujuh ratus hektar, sehingga bisa dikatakan sebenarnya luas lahan pertanian yang digarap para petani masih kurang.

“ Luas tanam  padi sawah  yang masih kurang dengan sistem  menanamnya hampir rata rata masih 1 hingga 2  kali dalam satu tahunnya di beberapa desa. Dan hanya Desa Baning Panjang dan Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai  yang sudah mampu  tiga kali dalam satu tahun, ini harus  perlu ditingkatkan ” , tegas  Jarot Winarno.

Bupati Sintang,  dr.H. Jarot Winarno, M.Med , PH, menjelaskan, dengan sistem kemampuan petani di beberapa tempat sudah mampu melakukan  panen padi sawah tiga kali dalam satu tahunnya, ini merupakan suatu keberhasilan yang harus tetap dipertahankan.

Dan diperluas ke lahan lahan di daerah lain di wilayah Kabupaten Sintang.
( Rz )
KEBUTUHAN BERAS DOMESTIK, PEMKAB SINTANG BISA INOVASI LAHAN SAWAH YANG SUDAH ADA 4.5 5 Rizky Thursday, April 4, 2019 ||www.beritakapuas.com|| " Optimalisasi lahan menjadi lahan produktif menjadi salah satu langkah pemerintah dalam peningkatan ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *