HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

KOMITMEN MAKAN IKAN MESTINYA SERIUS




||www.beritakapuas.com||Dituturkan Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.

Dengan ini, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward menyambut baik kegiatan Sosialisai Peningkatan Konsumsi Ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ( GEMARIKAN ) yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat di SDN 01 Sintang, Kamis ( 04 / 04 / 19 ).

Menurut Jeffray, Indonesia merupakan negara maritim yang terbagi atas pulau-pulau dan sebagian wilayahnya merupakan perairan yang cukup luas. Potensi yang cukup luas terdapat di laut Indonesia berupa sumber daya alam yang melimpah, termasuk didalamnya terdapat banyak spesies ikan khususnya ikan yang dapat dikonsumsi. 

" Negara ini seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alamnya secara maksimal, kita tentu sudah mengetahui bahwasanya Indonesia sebagai negara dengan cakupan perairan yang cukup luas, di mana di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang  baik untuk dikonsumsi penduduk Indonesia dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan protein penduduk Indonesia , " ungkap Jeffray.

Namun, lanjutnya, penduduk Indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih dikategorikan rendah, bahkan di kawasan Asia Tenggara Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia apalagi jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea. Rendahnya konsumsi ikan perkapita penduduk di Indonesia berbanding terbalik dengan wilayahnya yang kaya akan sumber protein hewani ini.

" Nah, bicara Kabupaten Sintang, konsumsi masyarakat hanya 28 kg per orang per tahun. Jadi masih sangat rendah yang secara nasional ada di angka 40 kg , " ungkap Jeffray.

Untuk itu, dirinya berharap melalui dinas terkait untuk dapat meningkatkan konsumsi ikan di Sintang dengan berbagai cara.

" Kenapa tidak dilaksanakan gerakan memelihara ikan dalam kolam terpal atau keramba di setiap rumah tangga di Sintang misalnya. Pemerintah menyediakan benih dan pakannya yang terjangkau. Jadi harus ada komitmen yang serius agar angka konsumsi ikan dimasyarakat Sintang semakin membaik " , kata Jeffray. 
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *