HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

LISTRIK PADAM, DEWAN SAYANGKAN UNBK JADI TERTUNDA




||www.beritakapuas.com||Meski secara umum lancar, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) sempat terkendala. Di beberapa wilayah terjadi pemadaman listrik, yaitu di daerah Baning, Kecamatan Kelam, dan Kecamatan Kayan Hilir.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Sintang, Welbertus, sangat menyayangkan adanya kendala seperti ini yang terjadi pada saat pelaksanaan UNBK.

“ Tentu ini akan memberikan pengaruh pada mental siswa meskipun dengan persentase tidak terlalu banyak. Saya harap, pelaksanaan UNBK hingga selesai tak lagi ada kendala berarti , ” tutur Welbertus.

Welbertus juga berharap pelaksanaan UN ke depannya dapat dipersiapkan sebaik mungkin sehingga tidak ada kendala serupa yang dapat mengganggu pelaksanaan UN khususnya UNBK.

“ Ke depannya, kita berharap kendala teknis seperti ini dapat diantisipasi dari awal dengan menyiapkan plan A dan plan B sehingga hal serupa tak terjadi lagi. Tentu saja ini merupakan tanggung jawab seluruh lini, artinya bukan cuma pemerintah saja, masyarakat juga harus turut serta dalam menyukseskan UN , ” tukas Welbertus.

Menurut Ketua Panitia UN Kabupaten Sintang, Ernawati , hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) tingkat SMP/MTs di beberapa daerah di Kabupaten Sintang sempat mengalami kendala pemadaman listrik. Akibat kendala tersebut, pelaksanaan UNBK di tempat terjadinya pemadaman listrik harus tertunda.

“ Pelaksanaan berjalan baik hanya saja di beberapa daerah sempat terjadi kendala yaitu pemadaman listrik seperti di daerah Baning, Kecamatan Kelam dan Kecamatan Kayan Hilir. Untuk daerah Baning, pelaksanaan UNBK sesi ketiga tertunda sekitar tiga puluh menit, namun untuk wilayah Kelam dan Kayan Hilir sesi tiga tertunda hingga satu jam , ” ucapnya Ernawati, Selasa ( 22 / 04 / 19).
 
Senada, Ernawati yang juga sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menjelaskan meskipun mendapatkan tambahan waktu, keterlambatan pelaksanaan UNBK yang dikarenakan kendala ini dapat mempengaruhi mental dari siswa yang menandai peserta UNBK tersebut.

“ Jika kendala begini, akan ada tambahan waktu sesuai dengan waktu yang tertunda. Jika kendalanya belum dapat diselesaikan maka akan diberlakukan ujian susulan, ini tentunya akan mempengaruhi mental anak dalam mengerjakan UN , ” tutur Ernawati.

Untuk itu, Ernawati berharap pelaksanaan UNBK maupun UNKP ( Ujian Nasional Kertas Pensil ) di hari berikutnya dapat berjalan aman dan lancar.

“ Kita sudah berupaya untuk berkoordinasi baik dengan pihak PLN maupun Telkom, tentu kita berharap kendala demikian tak lagi terjadi, kecuali dikarenakan faktor alam , ” lanjut Ernawati.

Smentara itu, Manager PLN Rayon Sintang, Djuanda Afief Nugroho mengungkapkan bahwa kendala yang terjadi dikarenakan kendala temporer.

“ Untuk daerah Baning, ada gangguan temporer jadi hanya sesaat saja dan tidak dalam waktu yang lama. Untuk daerah lain, akan kita usahakan sebaik mungkin tidak mengalami kendala lagi , ” kata Nugroho.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *