MELKIANUS HARAP KIAT GURU TINGKATKAN KINERJA PENDIDIK

 on Monday, April 29, 2019  




||www.beritakapuas.com||Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus, menyampaikan bahwa permasalahan pendidikan di Sintang hingga saat ini masih menjadi permasalahan serius, yang harus ditangani oleh pemerintah daerah sesegera mungkin.

Untuk itu dirinya mengharapkan, kegiatan Program Kinerja dan Akuntabilitas Guru ( KIAT Guru ) ke depannya akan meningkatkan  meningkatkan  kinerja para guru dan pendidik di Kabupaten Sintang, sehingga  secara bertahap akan dapat  meningkatkan  nilai  Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) Kabupaten Sintang hingga tahun 2021 mendatang.

Melkianus menambahkan, secara umum Pendidikan di Indonesia belum merata. Kesenjangan kualitas pendidikan antara di kota dengan di daerah terpencil masih tinggi. Masih banyak sekolah sekolah di daerah terpencil yang masih belum mendapat  perhatian serius. Permasalahan yang utama adalah sarana dan prasarana yang rusak berat serta masih rendahnya kualitas guru.

" Ini adalah masalah secara nasional, tak terkecuali di Kabupaten Sintang ini. Terutama masalah sarana prasarana pendidikan, masih banyaknya ruang kelas dalam kondisi rusak  sedang dan rusak berat serta aksebilitas yang masih rendah yang diakibatkan infrastruktur jalan  yang belum memadai , serta masih rendahnya kualitas tenaga guru dan tenaga pendidikan , " ungkap Melkianus.

Selain masih terbatasnya kemampuan pemerintah daerah dalam pengalokasian dana anggaran di bidang pendidikan, penyebaran tenaga guru yang belum merata di seluruh wilayah kecamatan dan desa khususnya  di daerah daerah terpencil dan tertinggal masih jadi kendala.

" Harus pula diakui, bahwa ini menjadi masalah karena alokasi anggaran yang masih kurang termasuk penyebaran guru , " kata Melkianus lagi.

Selain itu, Melkianus juga mengungkapkan persoalan IPM Sintang yang masih rendah, di bawah IPM propinsi dan nasional termasuk juga angka kemiskinan juga menjadi masalah.

“ Kita juga masih berjuang untuk dapat meningkatkan angka IPM yang hingga saat ini masih rendah, nilai Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) Kabupaten Sintang tahun 2017 ada di angka 65, 16 masih rendah di bawah nilai IPM Propinsi Kalbar yang sudah mencapai  66,26 dan IPM Nasional 70, 81 , “ ujar Melkianus.
( Rz )
MELKIANUS HARAP KIAT GURU TINGKATKAN KINERJA PENDIDIK 4.5 5 Rizky Monday, April 29, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus, menyampaikan bahwa permasalahan pendidikan di Sintang hingga sa...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *