PERATURAN TENTANG SAMPAH TERNYATA BELUM MEMBERI EFEK DI KALANGAN MASYARAKAT

 on Friday, April 5, 2019  




||www.beritakapuas.com||" Kita sedang menuju calon ibukota Kapuas Raya, kalau masalah sampah ini tidak dikendalikan sejak dari sekarang, khawatir akan menimbulkan permasalahan di kemudian harinya ," ungkap anggota Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih, Kamis ( 04 / 04 / 19 ), menanggapi banyaknya tempat pembuangan sampah liar di beberapa sudut kota Sintang.

Padahal, lanjut Tuah, sudah ada Perda dan Perbup yang mengatur tentang tatacara penyelenggaran dan pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Namun dirinya tidak melihat efek dari regulasi tersebut, bahkan lokasi yang bukan menjadi peruntukan untuk membuang sampah dijadikan tempat pembuangan sampah.

" Kita punya Perda No 4 tahun 2015 dan Perbup No 52 tahun 2017. Keduanya mengatur tentang Tata Cara Penyelenggaraan dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Sayangnya itu tak berjalan dengan baik , " ujar Tuah.

Dengan terjadinya pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang semakin beragam. Dampak dari itu adalah semakin banyaknya tempat pembuangan sampah liar yang terjadi di dekat pemukiman ataupun jalan, sehingga mengganggu kebersihan dan keindahan kota.

Masyarakat, lanjut politisi PDI Perjuangan ini, sudah lebih cerdas untuk memisahkan antara sampah organik dan non organik dan menempatkannya dalam kantong sampah khusus.

" Jangan dicampur dalam satu tempat, kemudian membuangnya begitu saja sehingga berserakan kemana mana terlebih sampah bekas sisa makanan dan pampers bayi yang sering diacak acak anjing , " tambah Tuah.

Dirinya mencontohkan beberapa pembuangan sampah yang ada di dalam kota, seperti dekat pojok makam Belanda, dekat jembatan Pasar Seroja, Tugu BI, Pasar Inpres. 
( Rz )
PERATURAN TENTANG SAMPAH TERNYATA BELUM MEMBERI EFEK DI KALANGAN MASYARAKAT 4.5 5 Rizky Friday, April 5, 2019 ||www.beritakapuas.com|| " Kita sedang menuju calon ibukota Kapuas Raya, kalau masalah sampah ini tidak dikendalikan sejak dar...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *