HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PROGRAMA PENYULUH 2020, DEWAN KATAKAN WAJIB SESUAI IPW




||www.beritakapuas.com||Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang , pada hari Jumat, ( 26 / 4 / 2019 ), menggelar Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian tahun 2020 , yang dilaksanakan di ruang pertemuan Botani.

Kegiatan ini dihadiri 45 orang , yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan , Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM , Perguruan Tinggi , Perbankan , Credit Union , Kontak Tani Nelayan Andalan ( KTNA ) , HKTI , Koordinator BPP , Petugas POPT Kabupaten , Anggota Kelompok Tani , dan Gabungan Kelompok Tani se Kabupaten Sintang.

Ketua Komisi B DPRD Sintang, Florensius Roni, mengatakan bahwa Penyuluh Pertanian PNS maupun THL dalam bekerja harus mengacu pada Programa Penyuluhan Pertanian sebagaimana diatur pada Permentan No 25 tahun 2009 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian.

" Artinya, dalam bekerja Penyuluh Pertanian PNS dan THL harus mengacu pada Programa Penyuluhan Pertanian yang dibuat oleh petani dan difasilitasi oleh Penyuluh Pertanian , " ujar Roni.

Menurut Roni, Programa Penyuluhan Pertanian disusun secara berjenjang. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai di tingkat nasional sebagaimana tuntutan Undang Undang No 16 Tahun 2006 SP3K. Data dasar penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian berasal dari data data hasil penggalian IPW ( Identifikasi Potensi Wilayah ). 

" Kegiatan IPW dilaksanakan di desa/kelurahan oleh petani dan difasilitasi Penyuluh Pertanian yang dilakukan sebelum penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian , " kata Roni.

Data data IPW, berupa data data yang disampaikan dalam bentuk profil desa dan data data agro ekosistem pendukung pengelolaan usaha tani meliputi penggalian data data monografi desa/kelurahan, pemanfaatan lahan pertanian terkait dengan luas areal dan komoditi usaha tani yang ditekuni oleh petani, kelembagaan petani/ Gapoktan, kelembagaan  agribisnis, penerapan teknologi pada pengeloaan usaha tani dan permasalahan permasalahan yang dihadapi petani. 

" Hasil IPW merupakan acuan dasar penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian untuk menentukan kegiatan penyuluhan , " pungkas Roni.

Sementara itu , Bupati Sintang , Jarot Winarno mengatakan , bahwa di Kabupaten Sintang ada masalah terhadap program pertanian yang belum terintegrasi.

“ Satu yang kita temukan , yaitu belum terintegrasikannya program LSM , Pemerintah dan berbagai sektor , yang dikeluhkan oleh para petani itu , pembangunan tidak sesuai dengan kebutuhan , jadi program kita banyak belum terintegrasi dengan baik , sehingga di tingkat bawah juga akan mengikutinya ” , kata Jarot Winarno.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *