REVOLUSI INDUSTRI 4.0, MODEL PEMBELAJARAN HARUS SESUAI KEBUTUHAN JAMAN

 on Tuesday, April 30, 2019  




||www.beritakapuas.com||Menghadapi revolusi industri 4.0 tentu bukan perkara mudah. Sederet hal perlu dipersiapkan, misalnya saja dengan merubah metode pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ada saat ini. Demikian disampaikan Tuah Mangasih, anggota DPRD Kabupaten Sintang beberapa saat yang lalu.

" Negara perlu merubah tiga hal dari sisi edukasi. Yang paling fundamental adalah mengubah sifat dan pola pikir anak anak zaman sekarang. Selanjutnya, sekolah harus bisa mengasah dan mengembangkan bakat seorang anak. Terakhir, institusi pendidikan tinggi seharusnya mampu mengubah model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman , " ujar Tuah Mangasih, anggota DPRD Sintang periode 2014 - 2019 dari Komisi C.

Untuk maju, sebuah negara tentu harus melakukan perubahan di berbagai bidang. Apalagi saat ini, ketika Indonesia tengah menghadapi era revolusi industri 4.0 di mana persaingan kian ketat. Salah satu perubahan itu bisa terbentuk dengan perbaikan sumber daya manusia. Pemerintah perlu memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anak anak, misalnya dengan menyediakan teknologi yang mumpuni. 

" Diperlukan perpindahan makna KKN menjadi Komunikasi, Kolaborasi, dan Networking untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih baik. Jadi bukan KKN paradigma lama yakni Korupsi, Kolusi dan Nepotisme , " kata Tuah.

Dengan menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman, diharapkan anak anak muda Indonesia dapat mengantongi bekal yang cukup dalam menghadapi berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0 ini. Mengingat kondisi teknologi yang selalu berubah, diperlukan kemampuan adaptasi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman. Anak anak muda Indonesia khususnya di Kabupaten Sintang juga diharapkan mampu bersaing dan memiliki nilai nilainya sendiri.

" Perkembangan teknologi itukan dinamis. Teknologi berkembang tak mengenal ruang dan waktu ataupun kondisi suatu wilayah. Teknologi tetap akan memasuki kehidupan, meskipun misalnya wilayah Sintang yang banyak memerlukan perhatian dari sisi infrastruktur. Jadi bagaimana kita yang ada ini siap untuk menerimanya, itulah tantangannya , " jelas Tuah Mangasih.

Pendidikan 4.0 merupakan istilah umum yang dipakai oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan beragam cara dalam mengintegrasikan teknologi cyber, baik secara fisik maupun tidak, ke dalam dunia pembelajaran. Konsep ini juga merupakan lompatan dari Pendidikan 3.0 yang lebih mencakup pertemuan ilmu saraf, psikolofi kognitif, dan teknologi pendidikan menggunakan teknologi digital dan mobile berbasis web.

Dalam hal ini, pendidikan 4.0 berada jauh di atas hal tersebut. Bahkan dalam beberapa hal, pendidikan 4.0 merupakan fenomena yang timbul sebagai respon terhadap kebutuhan revolusi industri 4.0, di mana manusia dan mesin diselaraskan untuk memperoleh solusi, memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, serta menemukan berbagai kemungkinan inovasi baru yang dapat dimanfaatkan bagi perbaikan kehidupan manusia modern.

Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif, serta kompetitif. Hal tersebut salah satunya dapat dicapai dengan cara mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan output yang dapat mengikuti atau mengubah zaman menjadi lebih baik. Indonesia pun perlu meningkatkan kualitas lulusan sesuai dunia kerja dan tuntutan teknologi digital.

" Sudah saatnya kita meninggalkan proses pembelajaran yang cenderung mengutamakan hapalan atau sekadar menemukan satu jawaban benar dari soal. Metode pembelajaran pendidikan harus mulai beralih menjadi proses proses pemikiran yang visioner, termasuk mengasah kemampuan cara berpikir kreatif dan inovatif. Hal ini diperlukan untuk menghadapi berbagai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan , " tegas Tuah Mangasih.
( Rz )
REVOLUSI INDUSTRI 4.0, MODEL PEMBELAJARAN HARUS SESUAI KEBUTUHAN JAMAN 4.5 5 Rizky Tuesday, April 30, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Menghadapi revolusi industri 4.0 tentu bukan perkara mudah. Sederet hal perlu dipersiapkan, misalnya saja ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *