HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

SINERGI PEMANTAU PEMILU, WAJIB DISERTAI SEMANGAT HASILKAN PEMILU BERKUALITAS




||www.beritakapuas.com||Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward meminta kepada semua pemangku kepentingan di Kabupaten Sintang untuk menyukseskan pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilu Serentak 17 April 2019 yang tinggal hitungan hari lagi.

Dirinya juga memberikan apresiasi terhadap lembaga pemantau pemilu yang juga ambil peran dalam proses pelaksanaan Pemilu 2019 ini. Menurutnya, kehadiran dari lembaga pemantau tersebut sebagai penyeimbang sekaligus membantu lembaga pengawas yang sudah ada yakni Bawaslu.

" Sinergisitas yang baik. Ini suatu bentuk kepedulian masyarakat dalam sebuah lembaga untuk membantu lembaga yang ada sebelumnya, dan ini adalah kekuatan penyeimbang dari pengawasan di lapangan , " ungkap Jeffray.

Jeffray menambahkan, kehadiran lembaga pemantau hendaknya juga dibarengi dengan semangat untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas, langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin serta wakil rakyat yang punya integritas, loyalitas terhadap bangsa dan negara.

Salah satu pemantau Pesta Demokrasi Pemilu dan Pilpres yang dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019 adalah Fordem Kalbar. Organisasi yang sudah 15 tahun aktif melaksanakan kegiatan pemantauan ini  kembali menerjunkan ratusan personel kelapangan untuk memantau jalannya proses dan tahapan Pemilu dengan harapan tidak terjadi kecurangan kecurangan yang mencederai proses demokrasi.

" Sebagai informasi, kita sudah resmi dinyatakan sebagai Pemantau Resmi Pemilu 2019 lewat Sertifikat Akreditasi Nomor : 110/BAWASLU/IV/2019 yang dikeluarkan Oleh Bawaslu Republik Indonesia di Jakarta tanggal 10 April 2019, wilayah pantauan kita meliputi seluruh wilayah Kalimantan Barat dan kelengkapan serta peralatan untuk bertugas di lapangan juga sudah kita terima secara resmi dari Bawaslu " , tegas Ketua Umum Fordem Kalbar, Erasmus Endi Dacosta.

“ Yang kita lakukan sekarang adalah tahap pemetaan wilayah wilayah tertentu yang menurut laporan anggota kita di lapangan rentan terjadi kecurangan. Tempat tempat rawan itu sudah kita kantongi dan di sana akan kita tempatkan Personel Pemantau dengan sistem berlapis, bahkan 3 hari sebelum pencoblosan Personel Pemantau sudah kita kirim ke wilayah tersebut sebab ada indikasi potensi kecurangan bukan hanya terjadi saat pencoblosan tetapi diduga terjadi sebelum pencoblosan " , tambah Endi, sapaan akrabnya.

" Semua akan kita pantau, baik itu Penyelenggara Pemilu maupun Peserta Pemilu, oleh karena itu kita juga mengharapkan pasrtisipasi aktif masyarakat untuk memberikan informasi jika ada hal hal yang mencurigakan di lapangan. Identitas informan akan kita jaga kerahasiaannya demi investigasi lebih lanjut, jangan takut. Jika ada temuan, maka kita tetap mengikuti prosedur yang ada dan berlaku, ini negara hukum semua wajib taat dan patuh di hadapan hukum " , kata Endi kembali.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *