HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

WISATA PINGGIR SUNGAI BISA TAMBAH PENDAPATAN DAERAH




||www.beritakapuas.com||Kabupaten Sintang ke depannya dapat menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor andalan. Apalagi, Kota Sintang sudah diwacanakan menjadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya. Salah satu destinasi wisata yang bisa dikembangkan yaitu daerah pinggiran sungai, baik Kapuas maupun Melawi.

Untuk menjadikan pinggiran sungai sebagai destinasi wisata, Pemkab harus menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Terpenting adalah melakukan penataan terhadap masyarakat yang bermukim di sana.

" Seperti apa perencanaan anggarannya dan juga seperti apa pola penataannya, saya yakin masyarakat setuju, sebab itu juga kan untuk kemajuan daerah. Selain itu, nantinya juga bisa untuk mendulang PAD, bila dikelola dengan baik , " tutur Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Honoratus Guntur, pada Minggu ( 07 / 04 / 19 ).

Misalnya, kawasan pinggiran Sungai Kapuas dapat dan sudah dikembangkan menjadi kawasan pariwisata bagi Kota Sintang. Hanya saja saat ini, promosi yang dilakukan perlu ditingkatkan agar destinasi yang ada bisa dimaksimalkan untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Menurut Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Honoratus Guntur, beberapa destinasi wisata yang ada bisa dikembangkan agar  bermanfaat bagi warga Sintang. Ia mencontohkan rencana dari Pemerintah Kabupaten Sintang yang akan menata kawasan pinggiran sungai, tepatnya di depan Kantor Bupati yakni Taman Alun Alun sangatlah tepat.

" Informasinya akan bekerjasama dengan pihak kedua yakni Bank Kalbar. Memang seharusnya begitu dengan melibatkan investor. Kalau hanya berharap dari APBD tentu punya keterbatasan. Selain menghilangkan kesan kumuh, jika itu jadi dilaksanakan tentunya akan sangat menarik karena akan menjadi ruang terbuka publik dengan berbagai fasilitas juga , " ujar Guntur.

Guntur juga menambahkan, dari pengamatannya, warga Sintang setiap sore hingga malam hari sering berada di sekitar Taman Alun Alun depan Kantor Bupati hingga Taman Bungur depan Rumah Jabatan Bupati ke arah Denbekang. Kawasan ini terlihat mulai digemari masyarakat.

" Artinya tempat itu cocok untuk dijadikan destinasi wisata dalam kota. Pemkab Sintang harus melakukan promosi untuk menarik minat investor guna berjalannya program dengan lancar. Sebab keberadaan investor itu memang sangat diperlukan , “ kata Guntur, politisi Partai Nasdem ini.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *