DEWAN DUKUNG DAMKAR SOSIALISASIKAN KARHUTLA

 on Saturday, June 1, 2019  




||www.beritakapuas.com||“ Seperti kita ketahui bersama, beberapa tahun lalu beberapa wilayah di Kabupaten Sintang merupakan wilayah yang mengalami karhutla ( kebakaran hutan dan lahan ) yang cukup besar pada setiap musim kemarau. Nah, daerah tersebut harus menjadi perhatian utama dalam pencegahan karhutla , ” ujar Heri Jamberi, Jumat ( 31 / 05 / 19 ).

Menyikapi upaya yang dilakukan Damkar Sintang yang menggelar sosialisasi dan simulasi kebakaran hutan dan lahan yang berlangsung di Desa Sungai Pukat, Kecamatan Kelam Permai beberapa waktu lalu, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sintang tersebut menyatakan mendukung sepenuhnya.

“ Kegiatan sosialisasi semacam ini perlu terus ditingkatkan, khususnya di wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan sebagai bentuk tindakan pencegahan dini agar terhindar dari kabut asap , ” ujar Heri.

Selain menggalakkan kegiatan sosialisasi, juga diupayakan untuk dilakukan pemetaan desa atau wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan pada setiap musim kemarau tiba. Menurutnya, dengan adanya pemetaan tersebut, akan dapat diketahui wilayah mana saja di Kabupaten Sintang yang paling rawan terjadi karhutlanya, sehingga dapat dilakukan berbagai antisipasi dengan cara melakukan edukasi kepada masyarakat agar memiliki kemampuan dalam pencegahan dini karhutla.

“ Jadi dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan dalam musim kemarau, kawasan hutan, lahan pertanian dan perkebunan di wilayah Kabupaten Sintang dapat terhindar dari  kebakaran , sehingga tidak menimbulkan kabut asap yang banyak merugikan perekonomian serta kesehatan , ” ungkap Heri lagi.

Kasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran, Yudius mengatakan, kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari  upaya pihaknya dalam memberikan edukasi untuk pencegahan kebakaran khususnya lahan dan pemukiman.

“ Kita mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat, khususnya yang ada di Desa Sungai Pukat dapat menggunakan berbagai peralatan yang mereka miliki untuk menangani kebakaran , ” kata Yudius.

Diungkapkan, bahwa desa Sungai Pukat adalah desa pertama yang mendapatkan sosialisasi dan simulasi pencegahan Karhutla. Pihaknya juga dalam waktu dekat akan melaksanakan di desa desa lainnya, terutama yang rawan terjadinya karhutla ini.

“ Tentunya sosialisasi dan simulasi ini tidak sebatas di sini saja. Kita berencana untuk melaksanakan di tempat lainnya yang berpotensi tinggi akan terjadinya karhutla. Desa Sungai Pukat adalah desa pertama yang menjadi sasaran kegiatan kita , ” ungkap Yudius.
( Rz )
DEWAN DUKUNG DAMKAR SOSIALISASIKAN KARHUTLA 4.5 5 Rizky Saturday, June 1, 2019 ||www.beritakapuas.com|| “ Seperti kita ketahui bersama, beberapa tahun lalu beberapa wilayah di Kabupaten Sintang merupakan wilaya...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *