HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

GAJI GURU PAUD DI BAWAH UMR, PEMERINTAH DIMINTA PERHATIKAN KESEJAHTERAAN




||www.beritakapuas.com||Mengingat banyak guru Paud yang bergaji rendah, bahkan di bawah UMR dan di bawah upah buruh umumnya, mengusik perhatian kita semua. AAnggota Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih berharap ada peningkatan penghasilan yang diterima oleh para guru Paud baik yang formal maupun non formal.

" Seharusnya sesuai dengan UMR lah.  Jika dibandingkan para buruh dan standar UMR, gaji mereka tentu tidak ada apa apanya. Dapat dibayangkan dengan gaji segitu tentu tidak akan cukup membiayai kebutuhan sehari hari para guru, terlebih jika mereka telah berkeluarga , ” kata Tuah, politisi PDI Perjuangan yang pada Pileg 2019 kembali terpilih sebagai anggota DPRD untuk periode 2019 - 2024.
 
Tuah Mangasih menambahkan, kondisi riilnya bahwa penyelenggara PAUD dan TK sebagian besar dilakukan oleh Swasta di bawah Yayasan atau Lembaga Keagamaan yang pastinya untuk membayar gaji tentunya disesuaikan dengan kondisi anak didik yang ada.

" Mereka yang di swasta otomatis harus menyesuaikan kondisi baik tenaga pendidik formal maupun non formal. Yayasan atau lembaga yang mengelola Paud dan TK tentunya membayar gaji sesuai dengan kemampuan mereka. Miris memang, dan ini harus ada solusi dari pemerintah juga , " ujar Tuah.

Jika tidak ada peran pemerintah terkait dengan kesejahteraan dari para pengajar di Paud dan TK, dirinya mengkhawatirkan akan banyak lulusan pendidikan keguruan enggan menjadi guru PAUD, dan memilih bekerja di tempat dan bidang lain yang dinilai memiliki masa depan yang lebih menjanjikan.

" Pemerintah harus ada program untuk membantu guru guru tersebut sehingga penghasilannya layak. Padahal peranan mereka sangat penting dalam perkembangan anak, yang tidak hanya secara akademis, melainkan juga terkait psikologis yang membentuk karakter. Karena dari kecil diajarkan dengan baik konsep kebangsaan dan karakter moralitas kepada anak anak. Pengajaran yang akan mempengaruhi perkembangan anak di masa yang akan datang , “ ungkap Tuah Mangasih.

Menurut Ketua Lembaga Paud Imanuel, Pdt. Kadarusno Edut, M.Th, untuk staf pengajar di Paud Imanuel, pihaknya hanya mampu membayar gaji Rp 5.00.000,- per bulannya.

" Kami membayar atau menggaji para pengajar per bulannya 500 ribu. Memang kami akui di bawah standar UMR yang berlaku. Hanya itulah kemampuan kita, di samping juga harus memikirkan perlengkapan untuk anak didik yang belum begitu banyak , " kata Kadarusno, di sela kegiatan acara Wisuda dan Pelepasan Anak Didik Paud Layanan TK Imanuel Angkatan IV, Sabtu ( 25 / 05 / 19 ).
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *