HARKITNAS, GOTONG ROYONG ADALAH MARWAHNYA BANGSA INDONESIA

 on Tuesday, May 21, 2019  




||www.beritakapuas.com||Semangat gotong royong menurut Jeffray Edward diakui sangat dirasakan besar manfaatnya bagi persatuan bangsa. Oleh karena itu, Ketua DPRD Kabupaten Sintang ini sepakat dengan tema yang diusung dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2019, yakni : " Bangkit Untuk Bersatu ", yang diimplementasikan dalam semangat gotong royong yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

" Itu lambang persatuan bagi masyarakat. Jiwa gotong royong adalah marwahnya bangsa Indonesia," ujar Jeffray, politisi PDIP ini, Senin ( 20 / 05 / 19 ).

Jeffray mengungkapkan, NKRI lahir dari berbagai unsur di dalamnya, mulai dari suku, agama dan kebudayaan. Dirinya menganalogikan sifat keanekaragaman di dalam tubuh masyarakat dan kebudayaan Bangsa Indonesia dapat disamakan dengan sebuah lukisan mozaik di mana secara keseluruhan menggambarkan nilai nilai budaya Bangsa. Seperti halnya sebuah bingkai warna yang secara keseluruhan hanya bisa dipahami jika dipandang sebagai suatu kesatuan yang utuh.

" Begitu pula dengan dengan kebudayaan, yang hanya bisa kita resapi dan pahami serta bisa kita nikmati jika dikaji sebagai suatu kesatuan yang utuh, tidak terpecah pecah. Adat istiadat adalah merupakan sistem nilai dari suatu pranata sosial yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Nah, dalam hal ini salah satu unsur adat yang paling penting adalah gotong royong , " kata Jeffray.

Lanjutnya, mengapa gotong royong begitu penting dalam adat? Karena gotong royong merupakan suatu kegiatan dalam rangka kerja bakti. 

" Gotong royong dalam kerja bakti menunjukkan bahwa adanya kebersamaan, kesatuan dalam diri masyarakat pedesaan. Bentuk aktivitas gotong royong yang seperti itu menunjukkan adanya penghargaan yang tinggi dari anggota masyarakat terhadap nilai nilai yang terkandung dalam gotong royong , " tambah Jeffray.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, tema Harkitnas menegaskan bentuk semangat dari Patih Gajah Mada yang bertekad untuk mempersatukan Nusantara. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

" Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita , " ungkap Jeffray.

Jeffray mengharapkan, semangat gotong royong agar tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan, meskipun juga harus diakui semangat tersebut mulai luntur akibat arus modernisasi yang memasuki sendi kehidupan.
( Rz )
HARKITNAS, GOTONG ROYONG ADALAH MARWAHNYA BANGSA INDONESIA 4.5 5 Rizky Tuesday, May 21, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Semangat gotong royong menurut Jeffray Edward diakui sangat dirasakan besar manfaatnya bagi persatuan bang...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *