HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

OP, DEWAN MINTA WASPADAI OKNUM NAKAL




||www.beritakapuas.com||Terry Ibrahim, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang menegaskan, sasaran utama operasi pasar ( OP ) adalah menjual komoditas yang harga pasaran nya mulai melonjak, langsung ke masyarakat. Tidak untuk pedagang pedagang eceran yang kemudian kembali menjual dengan harga yang dijual Pemerintah atau Bulog.

“ Jika ada pedagang yang mendapatkan barang kebutuhan pokok dari OP, dan menjualnya kembali dengan harga pasaran maka pihak berwenang dalam hal ini Disperindagkop dapat mengambil tindakan dengan pembinaan , " ujar Terry.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Sintang tersebut guna mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan OP bukan untuk dipakai sebagai kebutuhan namun dijual kembali guna meraup keuntungan dengan memanfaatkan adanya perbedaan harga. Karena itu Terry Ibrahim meminta kepada Disperindagkop dan UKM  Kabupaten Sintang dalam melaksanakan program Operasi Pasar agar tepat sasaran. 

" Selain Operasi Pasar saat ini belum ada cara lain. Tapi kegiatan ini juga diharapkan dilakukan di tempat tempat yang memang masyarakat yang ingin membeli. Artinya penyelenggara OP harus sangat selektif dalam melayani masyarakat, mana yang memang dipakai untuk kebutuhan mana yang bukan. Jangan sampai ada yang memanfaatkan OP untuk ditimbun dan dijual kembali. Ini kekhawatiran kita yang perlu juga jadi pertimbangan , " ungkap Terry usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Sintang pada Jumat, ( 17 / 05 / 19 ).

Selain itu dirinya juga meminta kepada masyarakat yang secara ekonomi lebih baik, untuk tidak juga terlibat dengan membeli kebutuhan pokok di OP.

" Kasihan jika masyarakat yang kurang mampu justru tidak memperoleh bahan kebutuhan pokok yang diinginkan , " kata Terry, politisi Partai Nasdem ini.

Selain harus tepat dan mengena, maka tak kalah penting ada baiknya operasi pasar perlu diperbanyak pada kawasan kawasan terjauh, mengingat harga sembako di kawasan itu cenderung mahal, karena komoditas yang didatangkan jauh dari pasar.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang Ramadhan tahun ini telah menetapkan sepuluh titik untuk kegiatan operasi pasar dalam rangka pelaksanaan hari besar keagamaan Nasional tahun 2019 yang pelaksanaannya mulai 13 – 29 Mei 2019.

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Emiliana Lidya mengatakan pelaksanaan kegiatan operasi pasar juga dilaksanakan bersamaan dengan safari ramadhan Pemerintah Daerah tahun 2019 yang sudah ditetapkan.

Adapun rencana kegiatan yang sudah dan yang akan dilaksanakan di beberapa lokasi yang menjadi titik kegiatan operasi pasar yaitu Pasar Kapuas Raya Sintang 13 Mei 2019, Manis Raya Kecamatan Sepauk 16 Mei 2019, Kelurahan Batu Lalau Sintang 17 Mei 2019, Kelurahan Mekar Jaya Sintang 18 Mei 2019, Mait Hilir Kecamatan Sepauk 20 Mei 2019, Sungai Tebelian Kajang Baru 21 Mei 2019, Dedai Lundang Baru 23 Mei 2019, Desa Tertung Sintang 25 Mei 2019, Desa Mungguk Bantok Sintang 27 Mei 2019 dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sungai Durian Sintang 29 Mei 2019.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *