PENGALIHAN FUNGSI TERMINAL, MUNGKIN JADI DWIFUNGSI

 on Saturday, May 18, 2019  




||www.beritakapuas.com||Terkait pernyataan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, anggota DPRD Sintang yang juga Ketua Komisi B, Florensius Rony mengaku baru mengetahui jika terminal Tanjung Puri yang letaknya berseberangan dengan Pasar Kapuas Raya sudah dialihfungsikan untuk Pasar Tanjung Puri.

" Wah, saya baru mengetahuinya sekarang , " ungkap politisi Partai Nasdem ini.

Tapi Rony menduga, pengalihan tersebut tidak berarti menghilangkan fungsi awalnya sebagai terminal, namun menggabungkan dua fungsi yakni terminal dan pasar.

" Saya pikir ada multifungsi di dalamnya. Artinya tidak menghapus fungsi awal namun menambah fungsi lain yakni pembangunan took toko dalam lokasi tersebut. Tapi nanti kami akan melihat langsung dulu, kemudian kita akan minta pihak terkait menyampaikan kepada dewan , " ujar Rony.

Namun demikian, Rony menyetujui jika sebelumnya sudah dilakukan kajian bahwa dengan dialihfungsikannya terminal tersebut akan menambah nilai perekonomian bagi masyarakat.

" Ya, sepanjang ada kajiannya bahwa pengalihan terminal menjadi pasar tanjung puri itu berdampak positif pada perekonomian masyarakat, kita setuju saja , " kata Rony kembali.

Terminal Tanjung Puri yang selama ini menjadi tempat aktifitas kendaraan angkot dan juga bis, sejak direhab tempat tersebut sudah tidak tampak lagi aktifitasnya, khususnya angkot. Namun aktifitas bis masih ada walau tidak setiap hari. Nama Terminal Tanjung Puri yang biasanya tertera pada dinding pagar pun sudah tidak terlihat lagi, sedangkan gedung terminal yang berada di sisi kiri areal masih tetap berdiri.

Bangunan baru juga sudah berdiri kokoh menggantikan bangunan lama yang sebelumnya terlihat kurang tertata dan kumuh. Bangunan yang baru dibuat dua lantai, sementara aktifitas ekonomi yang sebelumnya ada di areal tersebut sementara dialihkan ke halaman parkir pasar Kapuas Raya.

Banyak pihak menyayangkan rehab yang dilakukan oleh Disperindagkop dan UKM karena akan semakin menambah banyak bangunan pasar yang tak berfungsi jika dibangun dua lantai.

" Pemerintah apa tak pernah berpikir dari pengalaman yang ada. Lihat saja kasus bangunan pasar Junjung Buih yang dibuat tiga lantai akhirnya kosong di dua lantai. Begitu juga di Pasar Kapuas Raya yang dibuat dua lantai, juga banyak bangunan di lantai dua yang kosong. Sekarang rehab kios di terminal jadi bangunan dua lantai bahkan dibuat jadi Pasar Tanjung Puri bahkan berseberangan dengan Pasar Kapuas Raya. Baru kali ini saya melihat dalam satu kawasan ada 3 bangunan pasar , " ungkap salah seorang warga.
( Rz )
PENGALIHAN FUNGSI TERMINAL, MUNGKIN JADI DWIFUNGSI 4.5 5 Rizky Saturday, May 18, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Terkait pernyataan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, anggota DPRD Sintang yang juga Ketua Komisi B...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *