HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PEROMBAKAN ESELON, DEWAN HARAP JABATAN DIISI PIHAK YANG KOMPETEN




||www.beritakapuas.com||Bupati Sintang, Jarot Winarno dikatakan akan melakukan perombakan pejabat esselon 2, 3 dan 4 di lingkungan Pemkab  Sintang dalam waktu dekat. Tujuan dilaksanakannya perombakan tersebut menurut Jarot adalah agar lebih memperkuat roda pemerintahan di masa kepemimpinannya, sehingga akan lebih terarah dan lebih baik lagi.

Rencana dari Bupati Sintang Jarot Winarno yang akan melakukan perombakan pejabat esselon di lingkungan Pemkab Sintang ditanggapi anggota DPRD Sintang dari Partai Nasdem, Hermanto Aci. Ditemui usai mengikuti rapat pansus LPJ Bupati Sintang, Kamis ( 16 / 05 / 19 ), Aci berharap pergantian dan penempatan pejabat di lingkungan Sintang benar benar mencerminkan profesionalitas dan bukan sekedar pertimbangan "like and dislike" ataupun balas jasa, apalagi unsurnya politis.

“ Pergantian pejabat eselon ini juga dikarenakan ada beberapa Kepala Dinas dan Instansi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang yang akan pensiun, maka dinilai perlu persiapan penggantinya. Mereka yang menempati pos itu diharapkan adalah orang yang berkompeten dan berkualitas dan bukan karena pertimbangan suka atau tidak suka dan juga balas jasa , " ujar Aci.

Hal tersebut dirinya ungkapkan karena setiap pergantian kepemimpinan masyarakat sudah dapat menebak akan adanya rotasi atau perombakan pejabat. Siapa yang duduk dan menggantikan posisi sudah pula diketahui karena sesuatu.

“ Tentu kita harap dalam hal ini Kepala Daerah sudah mempersiapkannya dengan teliti, siapa dan di mana akan ditempatkannya nanti. Kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah lah, dalam hal menetapkan, siapa dan di mana, kita tidak bisa mengintervensi hal tersebut, dan saya kira mereka akan lebih jeli , “ harap Aci.

Aci juga menambahkan, seharusnya perombakan tersebut idealnya dilakukan pada bulan Mei ini agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

" Kami rasa sebenarnya perombakan itu bisa dilaksanakan bulan Mei ini. Tak harus menunggu setelah tanggal 22 Mei atau usai Idul Fitri. Tapi mungkin Bupati punya pertimbangan khusus terkait hal tersebut , " ujar Aci lagi.

Bupati Sintang mengungkapkan sebenarnya pada tahun ketiga merupakan tahap percepatan pembangunan. Tahun keempat dan kelima, adalah membentuk tim yang kuat.  Jadi, setelah Februari harusnya  sudah siap siap rotasi jabatan, namun hal tersebut tidak dapat dilakukan karena ada beberapa faktor yang menunda.

Faktor pertama,  adanya surat dari Mendagri mengenai penundaan pengangkatan dan pemberhentian pejabat di daerah. Faktor kedua, peningkatan kapasitas tiga Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ), yakni Kesbangpolinmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPD ) dan Badan Pengelola Perbatasan.

Dan faktor yang ketiga adalah 4 kecamatan baru hingga saat ini belum memiliki kode wilayah yakni Kecamatan Inggar, Kecamatan Bukit Mangat, Kecamatan Sintang Barat dan Kecamatan Tontang.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *