HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

SIDAK LAGI, RONI MINTA JANGAN HANYA DI KALANGAN PEDAGANG




||www.beritakapuas.com||Pada hari Selasa di bulan Mei, Bupati Sintang mengadakan sidak pasar yakni ke Pasar Junjung Buih dan Pasar Sungai Ana, guna memantau sejumlah kebutuhan pokok. Dalam sidak tersebut, Selasa ( 07 / 05 / 19 ), Bupati mendapati terjadi kenaikan sejumlah barang Kebutuhan Pokok dan Penting ( Gapoktin ) di kedua pasar tersebut. Namun kenaikan harganya tidak terlalu signifikan seperti salah satu contoh harga bawang putih yang secara nasional mengalami kenaikan yang cukup tinggi, namun setelah dilakukan sidak tersebut ternyata harganya masih normal dan wajar.

Menanggapi sidak yang dilakukan oleh Bupati ke dua pasar tersebut, Ketua Komisi B, Florensius Roni mengatakan yang terpenting dari sidak tersebut adalah bagaimana ketersediaan bahan pokok serta mendengarkan keluhan dari para pedagang. Untuk itu dirinya meminta agar sidak tak hanya dilakukan di pasar tradisional, melainkan juga tingkat agen atau distributor besar yang ada di Sintang.

" Artinya ketersediaan bahan kebutuhan itu sendiri juga harus dipantau di tingkat agen atau distributor. Kenaikan harga memang tak bisa dihindarkan dan itu sudah klasik terjadi pada setiap ramadhan dan lebaran. Permintaan pasar tinggi, namun stok tak mencukupi. Jadi silahkan juga sidak ke agen dan distributor , " jelas Roni.

Intinya adalah sidak tidak sekedar memantau harga kebutuhan pokok strategis saja, karena menurut Roni harga di pasar menuruti permintaan dari pasar itu sendiri.

" Ya kita harapkan sidak yang dilakukan itu tidak hanya sekedar memantau harga, namun juga stok barang yang tersedia dan tentunya menampung keluhan pedagang mungkin terhadap distribusi bahan dari agen ke tingkat pedagang apakah lancar selama ini. Jika tidak atau bahan terputus tentu jauh sebelumnya dapat segera diantisipasi atau diambil jalan keluarnya seperti apa , " ujar Roni.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan pemeriksaan bahan pangan juga perlu dilakukan, seperti yang dijual di swalayan karena bisa saja terindikasi kadaluarsa.

" Ini perlu dilakukan, jangan sampai ada pihak yang ingin cari untung dengan melepas barang yang sudah expired , " pungkas Roni.

Sementara itu, untuk harga daging sapi dan daging ayam di Sintang, juga mengalami kenaikan karena memang setiap hari besar keagamaan dan juga di bulan puasa ramadhan harganya sangat rentan mengalami kenaikan. Untuk harga daging sapi harganya Rp. 145.000,-/kg dan harga ayam Rp. 40.000,-/kg. Ikan stabil. Data harga per Selasa ( 07 / 05 / 19 ).
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *