HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

SIMONITA, TEROBOSAN DINKES PANTAU ALKES




||www.beritakapuas.com||Aplikasi Sistem Monitoring Alat Kesehatan ( Simonita ), diluncurkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, belum lama ini. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan monitoring Alat Kesehatan ( Alkes ) di sejumlah Puskemas dan satu Rumah Sakit Pratama Serawai.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Komisi C, Melkianus menyambut baik diluncurkannya aplikasi Sistem Monitoring Alat Kesehatan ( Simonita ) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang ini.
 
" Aplikasi yang sangat baik. Yang saya dengar, aplikasi ini dapat memberikan informasi ketika ada kerusakan Alkes, sehingga bisa segera ditindak lanjuti, bahkan aplikasi ini disebut sebut baru pertama ada di Indonesia , " ungkap Melkianus, Jumat ( 31 / 05 / 19 ).

Melkianus menambahkan, meskipun belum 100 persen bisa dipergunakan, namun dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu Dinkes Sintang dalam mendata dan memantau alat alat kesehatan yang ada.

" Memang saat ini progresnya sudah 80 persen, tinggal penyempurnaan. Kita berharap ke depan aplikasi ini dapat membantu Dinkes Sintang dalam mendata dan memantau Alkes , " kata Melkianus, politisi Partai Golkar ini.

Dirinya juga berharap, aplikasi yang rencananya dapat di download pada playstore juga dapat diterapkan menyeluruh di setiap rumah sakit dan puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan, Aplikasi Simonita dibuat dilator belakangi dari persoalan lemahnya pemantauan Alkes. Apalagi, di Kabupaten Sintang memiliki 20 Puskemas yang sudah operasional, ditambah satu Rumah Sakit Pratama Serawai.

" Aplikasi ini dinilai penting dan akan sangat membantu dalam hal monitoring dan pemenuhan sarana prasarana alkes melalui informasi yang valid, juga tepat waktu. Apalagi, di Kabupaten Sintang memiliki 20 Puskemas yang sudah operasional, ditambah satu Rumah Sakit Pratama Serawai. Kita memilik alkes yang nilainya fantastis. Kalau dihitung, puluhan miliar. Ada lkes yang sudah lama, dan baru. Kami merasa, perlu untuk memantau kondisi alkes yang ada di puskemas. Oleh sebab itu, kami merasa Simonita sangat membantu , " ujar Linoh.

Linoh menambahkan, selama ini sistem pelaporan Alkes melalui Aplikasi Sarana dan Parasana Alat Keseahtan ( ASPAK ). Namun pelaporan itu sebatas tingkat kabupaten, hingga ke pusat. Sementara dengan adanya aplikasi Simonita, akan dapat memonitoring alkes dari setiap Puskemas.

“ Kalau Simonita ini kita memantau kondisi alat kesehatan berdasarkan laporan dari puskemas. Puskemas tinggal mengunduhnya di Play Store, dan bisa melaporkan secara realtime, dan kita bisa menanganinya secara cepat dan tepat , ” ujar Linoh lagi.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *