HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

TAMAN KOTA SINTANG MASIH MENUNTUT PERHATIAN PEMKAB




||www.beritakapuas.com||Sebagian besar masyarakat mengungkapkan bahwa taman taman yang dibangun di wilayah perkotaan Sintang belum terlihat manfaatnya yang dapat dirasakan masyarakat, terutama berkaitan dengan fungsi dibuatnya taman taman tersebut. Taman yang sering disorot adalah Taman Bungur, Taman Alun Alun, Taman Entuyut dan Taman Teratai yang letaknya di dekat Jembatan Melawi.

Keberadaan empat taman kota yang ada di dalam Kota Sintang tersebut juga mendapatkan sorotan dari anggota DPRD Sintang dari Komisi C, Heri Maturida, yang meminta supaya Taman Kota di Sintang dapat ditata dengan baik. Dirinya mengatakan bahwa taman taman tersebut kurang mengesankan fungsi dari keberadaannya sebagai Taman Kota.

" Masih jauh dari kesan bahwa taman tersebut dibuat untuk multifungsi, selain sebagai keindahan untuk kota. Bahkan beberapa taman tersebut terkesan gersang , " ujar Heri, Minggu ( 05 / 05 / 19 ).

Heri menuturkan, pengertian dari taman kota itu sendiri adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas, dan dapat mengantisipasi dampak dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

" Artinya, taman tersebut dibuat dengan perencanaan yang jelas dan oleh ahlinya. Taman bukan sekedar menata bunga bunga, namun unsur lainnya seperti fasilitas di dalamnya juga ada. Misalkan kursi, lampu, bahkan di beberapa kota dipasang internet gratis , " ungkap Heri.

Menurutnya, akan sangat disayangkan jika taman yang dibuat justru terkesan suram, kotor dan bahkan kumuh. Ditambahkannya, pemerintah  daerah melalui leading sectornya diharapkan dapat menata ulang taman taman yang sudah ada agar memiliki dampak bagi warga.

" Harus diingat, taman kota memiliki fungsi ekologis dan fungsi sosial bagi masyarakat , " kata Heri kembali.

Fungsi ekologis, menurut Heri, adalah sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai paru paru kota yang menghasilkan banyak O2. Juga sebagai filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara.

Sedangkan fungsi taman kota sebagai fungsi sosial diantaranya sebagai tempat komunikasi sosial, kemudian sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi. Juga sebagai landmark sebuah kota. 

" Penting juga untuk menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota. Apalagi Sintang bakal dinobatkan sebagai ibukota propinsi Kapuas Raya , " kata Heri.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *