HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

TUAH APRESIASI LOMBA SAMPAN HIAS, INI ADALAH BENTUK PELESTARIAN BUDAYA




||www.beritakapuas.com||Antusiasme yang tinggi diperlihatkan oleh masyarakat Sintang saat Festival Sampan Hias dalam rangka memperingati Hari jadi Sintang yang ke 657 Tahun 2019, hari Rabu ( 01 / 05 / 2019 ). Ratusan orang berbondong bondong memadati bantaran Sungai Kapuas di komplek Rumah Dinas Bupati Sintang hingga Rumah Dinas Danrem 121 Abw. Begitu pula di lintasan yang dilewati oleh rombongan sampan hias, yaitu kawasan Tanjung Puri, Menyumbung Tengah, Dermaga Sungai Durian dan di komplek Kesultanan Sintang.

Anggota Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih memberikan apresiasi positif atas dilaksanakannya Festival Sampan Hias dalam rangka memperingati Hari jadi Sintang yang ke 657 Tahun 2019 ini. Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk pelestarian budaya yang ada di Sintang. Bahkan sebagai salah satu destinasi wisata yang harus diperkaya lagi.

" Ini satu bentuk pelestarian nilai nilai budaya kita. Karena ini mengandung keluhuran dari nenek moyang yang harus dipertahankan dan dilestarikan serta bagian dari destinasi wisata sungai yang ada di kota Sintang sekitarnya. Jadi kegiatan ini sangat perlu didukung oleh pemerintah melalui dinas terkait dan juga masyarakat Sintang khususnya , " ujar Tuah, Sabtu ( 04 /05 / 19 ).

Dirinya berharap dengan kegiatan seperti festival sampan hias ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sintang. Hanya saja, lanjut Tuah kegiatan tersebut dari waktu kewaktu harus terus dikembangkan modelnya sehingga menjadi kegiatan yang semakin menarik.

" Artinya ada satu pengembangan dari kegiatan tersebut yang tak terkesan menoton. Kreatifitas sangat diperlukan apalagi kepentingannya untuk tujuan wisata , " kata Tuah.

Sebelumnya,  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, pada kesempatan membuka kegiatan lomba sampan hias di Dermaga Taman Bungur tersebut mengatakan kegiatan ini akan semakin dapat meningkatkan kunjungan wisatawan  ke Kabupaten Sintang.

" Untuk sasaran yang kita ingin capai lewat kegiatan ini, kita mau meningkatkan kesadaran rasa persatuan dan kesatuan kita di Sintang ini supaya dapat semakin mencintai budaya di samping itu bisa saling menghargai suku suku yang ada di Kabupaten Sintang, karena Sintang adalah kita. Dengan adanya ini kita bisa melihat adanya kesatuan di tengah tengah masyarakat kita , " ujar Hendrika.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *