WABAH CACAR MONYET, SINTANG MASIH STERIL

 on Thursday, May 23, 2019  




||www.beritakapuas.com||Meskipun belum ada informasi mengenai virus ini masuk ke Indonesia, namun bukan berarti masyarakat dan instansi berwenang terlena. Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mengeluarkan surat yang ditujukan kepada seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota serta Puskesmas berupa himbauan kewaspadaan importasi penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang,Tuah Mangasih, sangat merespon positif dengan keluarnya surat himbauan ini.

“ Ya, dengan adanya himbauan ini, tentunya Dinas Kesehatan dapat melakukan upaya upaya yang terkait dengan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet ini. Himbauan ini juga bukan melarang kita untuk bepergian , " kata Tuah Mangasih, Rabu ( 22 / 05 / 19 ).

Tuah juga menghimbau, agar masyarakat Sintang yang mungkin akan bepergian keluar negeri seperti ke Singapura agar tetap menggunakan masker mulut.

" Kewaspadaan sangat perlu, sebab penyebaran virus banyak celahnya. Himbauan dari Kementerian Kesehatan kepada Dinas kesehatan ini bukan tidak ada alasannya. Apalagi wilayah timur Kalimantan Barat ini, tiga kabupaten nya berbatasan darat dengan negara tetangga. Terpenting, hindari kontak langsung dengan hewan primata ataupun orang yang terinfeksi virus ini. Tapi syukurlah dapat dikatakan daerah kita masih aman , " ujar Tuah, politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh juga menyambut baik dengam adanya himbauan yang dikeluarkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI terkait monkeypox.

" Sebelum keluar himbauan itupun kita juga sudah menghimbau untuk kewaspadaan dan segala kemungkinan terjadi terkait cacar monyet ini , " ungkap Sinto.

Terkait himbauan itu pula, lanjut Sinto, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat Sintang tidak mempercayai langsung berita yang tidak jelas sumbernya mengenai cacar monyet. Ini dikatakannya menyusul beredarnya kabar di media sosial belum lama ini, bahwa ada anggota TNI yang bertugas di Batam meninggal yang dikatakan akibat cacar monyet.

" Terkait edaran tentang cacar monyet , kami sampaikan supaya masyarakat jangan mudah percaya tentang berita hoax yang belum jelas. Karena sampai saat ini belum ada ditemukan kasus cacar monyet di Sintang bahkan di Indonesia , " tegas Sinto.

Namun pihaknya menghimbau agar masayrakat untuk tetap waspada dengan menjauhi hewan hewan pengerat dan primata yang berpotensi sebagai penular. Dinkes Sintang juga sudah memberikan himbauan ke seluruh puskesmas untuk waspada terhadap penyakit penyakit yang berpotensi menular di wilayah kerja masing masing. 

" Hindari kontak langsung dengan binatang jenis pengerat atau primata. Hindari juga kontak fisik dengan orang yang telah terinfeksi.  Hindari kontak dengan hewan liar atau mengkonsumsi daging yang diburu dari hewan liar , " ujar Sinto lagi.

Dirinya juga mengingatkan  bagi pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah terjangkit monkeypox agar segera memeriksakan dirinya jika mengalami demam dan pembesaran kelenjar getah bening dalam waktu kurang dari 3 minggu.

" Ketika memeriksakan diri, masyarakat harus menginformasikan  ke petugas kesehatan tentang riwayat perjalanannya , " pungkas Sinto.
( Rz )
WABAH CACAR MONYET, SINTANG MASIH STERIL 4.5 5 Rizky Thursday, May 23, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Meskipun belum ada informasi mengenai virus ini masuk ke Indonesia, namun bukan berarti masyarakat dan ins...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *