20 % DESA SINTANG KATEGORI TERTINGGAL, HERI HIMBAU DORONG PEMBANGUNAN PERTANIAN

 on Wednesday, June 19, 2019  




||www.beritakapuas.com||Mengingat ada sekitar 86 desa, atau 20 % dari total desa Kabupaten Sintang yang masih masuk dalam kategori desa tertinggal, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sintang, Hery Jamberi, mengatakan bahwa pembangunan pertanian di pedesaan merupakan cara tepat untuk mengatasi persolan tersebut.

Memang, program pengentasan kemiskinan sudah banyak dikerjakan oleh pemerintah, termasuk pengucuran Dana Desa. Namun, yang menjadi persoalan sejak dulu adalah implementasi di lapangan.
 
“ Selain itu, ada persoalan struktur ekonomi yang masalahnya ada di pusat pengambil kebijakan. Misalnya, pilihan untuk mengembangkan sektor ekonomi tertentu, tak pernah melihat pertanian secara lebih holistik. Pertanian dibiarkan berjalan sendiri menghadapi pasar bebas , ” ujar Heri, Selasa ( 18 / 06 / 2019 ). 

Wilayah pedesaan merupakan kantung kantung kemiskinan terbesar, dan sektor pertanian masih menjadi lapangan usaha yang paling dominan. Oleh karena itu, Hery Jamberi pun menyatakan, solusi mengatasi inti kemiskinan adalah menyentuh ekonomi pertanian secara serius.

Pasalnya, pertanian berimplikasi pada banyak turunan lain, seperti kemandirian pangan, dan gaya hidup pedesaan, dengan nilai utama yang berbeda dengan gaya hidup urban yang konsumtif dan mengabaikan lingkungan.

Bupati Sintang, Jarot Winarno juga mengakui fakta tersebut. Dari 391 desa yang ada di Kabupaten
Sintang, masih sekitar 86 desa atau 20 % masuk dalam kategori desa tertinggal. Bupati mengatakan ini saat membuka kegiatan Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalimantan Barat di Balai 4 Menyadik, Desa Sungai Pukat, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Selasa ( 18 / 06 / 2019 ).


“ Kita bersama 3 kabupaten lain seperti Melawi, Ketapang dan Landak itu masih memiliki kantong kantong kemiskinan pada desa desa yang sangat tertinggal. Tentunya kantong kantong kemiskinan ini harus kita segera entaskan. Namun, mengentaskan hal ini tidaklah mudah, harus dilakukan bersama sama , ” ungkap Jarot.

Di Sintang, berdasarkan hasil penilaian Indeks Desa Membangun, ada 6 desa yang sudah menjadi desa mandiri, kemudian ada 10 Desa yang sudah menjadi desa maju.

Badan Pusat Statistik ( BPS ) sendiri, secara nasional, mencatat angka kemiskinan September 2018 turun 9,66 %, dibandingkan dengan Maret 2018 yang mencapai 9,82 % total populasi. Angka kemiskinan satu digit itu diklaim sebagai yang terbaik sejak Indonesia merdeka. Kini, pemerintah harus berhadapan dengan masyarakat yang benar benar susah beranjak ke atas garis kemiskinan.
( Rz )
20 % DESA SINTANG KATEGORI TERTINGGAL, HERI HIMBAU DORONG PEMBANGUNAN PERTANIAN 4.5 5 Rizky Wednesday, June 19, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Mengingat ada sekitar 86 desa, atau 20 % dari total desa Kabupaten Sintang yang masih masuk dalam kategori...


No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *