DEMI MENUJU PEMERATAAN KUALITAS, TERRY SETUJU SISTEM ZONASI SEKOLAH

 on Wednesday, June 12, 2019  




||www.beritakapuas.com||Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim, menyatakan sepakat dengan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru. Sebab, saat ini banyak anak perbatasan yang mengejar sekolah di kota. Akibatnya, sekolah di perbatasan sepi peminat.

“ Penyebabnya adalah karena ada kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa , ” kata Terry, politisi Nasdem ini.

Karenanya, Terry menilai pentingnya pemerataan kualitas pendidikan antara di kota dan di daerah. Dikatakan Terry, merupakan hak setiap anak maupun orangtua untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kabupaten Sintang, Yustinus Jukardi mengatakan, Pemkab Sintang kembali  akan menerapkan sistem penerimaan siswa baru berdasarkan zonasi pada tahun ajaran baru nanti. Sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru ini merupakan perintah Menteri Pendidikan Nasional, agar tidak ada lagi sekolah yang kelebihan siswa baru atau kekurangan siswa.

" Ini tahun kedua kita terapkan sistem zonasi. Jadi dengan adanya sistem ini akan memeratakan kualitas sekolah. Pemerataan ini terjadi karena tak ada lagi status favorit bagi sekolah tertentu. Nantinya setiap sekolah akan mempunyai standar minimum yang sama. Standar minimum ini baik dari segi pengajaran maupun fasilitas sekolah , " jelas Jukardi, Selasa ( 11 / 06 / 2019 ).

Selain itu, dengan sistem zonasi ini akan melihat kedekatan tempat tinggal siswa baru yang mendaftar dengan sekolah tempat dia mendaftar. 

“ Penerimaan siswa baru tahun ajaran baru nanti, baik tingkat SMP maupun SMA tidak lagi berdasarkan tes murni, tapi berdasarkan zonasi. Jadi setiap sekolah wajib memprioritaskan menerima siswa yang berdomisili di dekat sekolah tersebut, selain memperhatikan prestasi akademik dan olahraga dari siswa yang mendaftar , ” terang Jukardi.

Menurut Jukardi, dengan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru ini, maka sekolah sekolah yang biasanya kekurangan siswa baru tidak akan lagi kekurangan siswa. Sebab siswa akan diarahkan untuk masuk ke sekolah yang dekat dengan domisili rumahnya.
( Rz )
DEMI MENUJU PEMERATAAN KUALITAS, TERRY SETUJU SISTEM ZONASI SEKOLAH 4.5 5 Rizky Wednesday, June 12, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim, menyatakan sepakat dengan sistem zonasi dalam penerimaa...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *