HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

DEWAN KATAKAN REFORMASI KEUANGAN PEMKAB PANTAS DI BERI PENGHARGAAN




||www.beritakapuas.com||Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, mengapresiasi dilaksanakannya reformasi di bidang keuangan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Di mana masyarakat menuntut adanya pengelolaan keuangan publik yang transparan, sehingga dapat mewujudkan akuntabilitas publik dengan mendasarkan pada value for money, yang didasarkan pada anggaran berbasis kinerja yang efisien dan efektif.

“ Uutamanya bagi pelayanan publik yang berorientasi pada kepentingan publik dan stakeholder, yang sebesar besarnya untuk penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar serta profesionalisme kerja aparatur sipil Negara. Maka dari itu, sepantasnya kita berikan penghargaan , ” ucap Jeffray.

Adapun target dan realisasi pendapatan Kabupaten Sintang  tahun 2018, tercatat mencapai 102,21 %. Jeffray mengatakan pencapaian kebijakan umum pengelolaan belanja daerah Kabupaten Sintang ini sudah cukup baik.

“ Sepatutnya kita apresiasi atas upaya dan strategi Pemerintah Kabupaten Sintang tersebut , ” ujar Jeffray, saat rapat paripurna tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang tahun anggaran 2018, Rabu ( 12 / 06 / 2019 ).

DPRD berkewajiban untuk mengkaji, menelaah, dan mengevaluasi kembali terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang tahun anggaran 2018. Selaras dengan hal tersebut, pelaksanaan fungsi pembentukan Peraturan Daerah dan fungsi pengawasan oleh DPRD Kabupaten Sintang sesuai peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Tata Tertib, yang mengamanahkan pelaksanaan fungsi dimaksud dengan membentuk peraturan daerah bersama Bupati serta mengawasi pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“ Mekanisme dalam pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertangung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang tahun anggaran 2018, oleh DPRD, dilaksanakan melalui rapat kerja Alat Kelengkapan Dewan Badan Anggaran bersama sama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah , “ terang Jeffray, tentang penyampaian Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda ) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2018.

Sebelumnya, penajaman, penilaian, penjelasan, dan telaah telah dimulai dari materi dan substansi laporan keterangan pertanggung jawaban Bupati Sintang tahun 2018 beberapa waktu lalu, dengan mencakup tiga prioritas pembangunan daerah yakni peningkatan kesejahteraan sosial,  optimalisasi infrastruktur dasar dan  optimalisasi pengelolaan keuangan daerah, telah dilakukan melalui pansus beberapa waktu lalu.

Dengan harapan, ketiga prioritas yang dijabarkan dalam program program dan kegiatan kegiatan pembangunan tersebut, telah terealisasi pada tahun anggaran 2018 secara optimal, tepat sasaran, dan tepat tujuan, sebagaimana telah termuat dalam laporan keterangan pertanggung jawaban Bupati Sintang.

“ Dari kajian yang sudah kita lakukan, arah kebijakan umum pemerintah daerah telah berjalan dengan baik, namun itu tadi, harus adanya penekanan yang lebih dipertegas, terinci, terarah dan terukur, sehingga mempermudah organisasi perangkat daerah ( OPD ) dalam menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan di  Kabupaten Sintang , ” pungkas Jeffray.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *