HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

DEWAN SETUJU ADANYA PLBN SUNGAI KELIK, DEMI KEMAJUAN MASYARAKAT PEDALAMAN




||www.beritakapuas.com||Pemerintah akan membangun 11 buah lagi Pos Lintas Batas Negara ( PLBN ) pada 2019 ini. Termasuk salah satunya PLBN Sungai Kelik. Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggaran Rp 129 miliar, tak ketinggalan, Pemerintah Propinsi Kalbar juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 12 miliar, untuk membangun ruas jalan yang dimulai dari Sintang.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari daerah pemilihan Ketungau, Heri Jamberi, menyatakan dirinya menyambut baik rencana nyata pemerintah untuk segera membangun PLBN Sungai Kelik. Terlebih Sintang merupakan salah satu daerah perbatasan yang sampai sekarang masih mengalami ketertinggalan dalam hal pembangunan infrastruktur.

Heri juga berpendapat, PLBN nantinya memang sudah sepantasnya berada di wilayah Ketungau Hulu. Alasannya wilayah ini adalah merupakan akses utama masyarakat untuk menjamah wilayah negara tetangga.

Selain itu juga, politisi Hanura ini menilai masyarakat Indonesia yang tinggal di perbatasan memiliki kepentingan cukup besar terhadap keberadaan PLBN nantinya.

“ Setidaknya masyarakat perbatasan dapat keluar masuk secara legal dan, masyarakat tidak was was , ” kata Heri.

Ketua Kelompok Informasi Masyarakat Perbatasan ( Kimtas ) Sintang, Ambresius Murjani sangat mengapresiasi pembangunan Pos Lintas Batas Negara ( PLBN ) Sungai Kelik. Diharapkan, pembangunan PLBN tersebut, bukan hanya menjadi kantor instansi pemerintah semata, tapi lebih daripada itu, juga berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ditambahkan Murjani, keberadaan PLBN Sungai Kelik sangat penting bagi masyarakat sekitar perbatasan guna menunjang perekonomian keluarga.

“ Jangan hanya sebatas digunakan untuk kantor imigrasi, kantor karantina, kantor bea cukai, tidak seperti itu. Harusnya masyarakat bisa memanfaatkan pos lintas batas ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan , ” kata Murjani, Kamis ( 20 / 06 / 2019 ).

Adanya PLBN Sungai Kelik, juga sebagai jaminan keamanan bagi masyarakat di Kabupaten Sintang, khususnya yang berada di perbatasan. Yang secara historis memiliki kekerabatan dengan negara tetangga. Selama ini, semua dilakukan dengan melalui jalur yang sudah dianggap biasa oleh masyarakat perbatasan.

" Selama ini kami keluar masuk semaunya. Ya syukur syukur tidak di tangkap di negeri seberang. Harapan kami, dengan adanya PLBN, nantinya bisa menjadi sarana silaturahim antar keluarga antar negara serumpun ini , " ujar Murjani.

Terkait dengan anggaran pembangunan Pos PLBN Sungai Kelik, selaku Ketua KIMTAS, Murjani berharap pembangunan dapat dilakukan sesuai prosedur, dan sangat terukur dari sisi pemanfaatan pembiayaannya. KIMTAS akan turut mengawasi bahkan siap untuk berkomukasi mengenai pembangunan PLBN Sungai Kelik.

" Kami masyarakat di perbatasan akan turut serta mengawal dan mengawasi kegiatan pembangunan skala nasional ini. Ini kan dana yg sangat besar, harus ada efek positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di perbatasan , " tegas Murjani.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *