FESTIVAL WISATA KELAM, DEWAN HARAP DIKEMAS SERIUS DAN MENARIK

 on Wednesday, June 19, 2019  




||www.beritakapuas.com||Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika, menjelaskan bahwa Kelam Tourism Festival 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 8 - 14 Juli 2019. Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Terabas Motorcross, Bussines Forum, Air Gun ( Senapan Angin ), Rock Climbing, Bike To Kelam, Lari 10 KM, dan Lomba Burung Berkicau. Gelaran Kelam Tourism Festival 2019 juga akan semakin lengkap dengan adanya pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang pada tanggal 9 - 13 Juli 2019.

Wakil Ketua DPRD Sintang, Tery Ibrahim, meminta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Kelam Tourism Festival 2019 untuk benar benar serius menggarap kegiatan tersebut secara profesional dan dikemas dengan menarik. Menurutnya, Kelam Tourism Festival 2019 akan menjadi momentum kebangkitan dari pariwisata di Kabupaten Sintang, dan semakin memperkenalkannya hingga ke mancanegara.

" Kita ingin pariwisata di Kabupaten Sintang bukan hanya dikenal orang Sintang saja, akan tetapi juga domestik dan mancanegara. Sektor pariwisata masih menduduki peranan yang sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional, sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan devisa negara , " ungkap Terry, Selasa ( 18 / 06 / 2019 ).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, suatu destinasi harus memiliki berbagai fasilitas kebutuhan yang diperlukan oleh wisatawan agar kunjungan seorang wisatawan dapat terpenuhi dan merasa nyaman. Berbagai kebutuhan wisatawan tersebut antara lain, fasilitas transportasi, akomodasi, biro perjalanan, atraksi (kebudayaan, rekreasi, dan hiburan), pelayanan makanan, dan barang barang cinderamata.

" Tersedianya berbagai fasilitas kebutuhan yang diperlukan akan membuat wisatawan merasa nyaman, sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Untuk itulah, Kelam Tourism Festival 2019 yang juga bersamaan dengan kegiatan Gawai Dayak adalah tepat untuk semua itu , " kata Tery.

Menurutnya, salah satu yang menjadi suatu daya tarik terbesar pada suatu destinasi wisata adalah sebuah atraksi, baik itu berupa pertunjukan kesenian, rekreasi, atau penyajian suatu paket kebudayaan lokal yang khas dan dilestarikan.

" Atraksi dapat berupa keseluruhan aktifitas keseharian penduduk setempat beserta setting fisik lokasi desa yang memungkinkan berintegrasinya wisatawan sebagai partisipasi aktif seperti belajar tari, bahasa, menenun, memainkan alat musik tradisional, menugal, menanam padi, melihat kegiatan budaya masyarakat setempat, dan lain lain. Nah itu bisa dilaksanakan , " ujar Terry kembali.

Atraksi merupakan komponen yang sangat vital, oleh karena itu suatu tempat wisata tersebut harus memiliki keunikan yang bisa menarik wisatawan. Fasilitas fasilitas pendukungnya juga harus lengkap agar kebutuhan wisatawan terpenuhi, serta keramahan masyarakat tempat wisata juga sangat berperan dalam menarik minat wisatawan.

" Faktor faktor tersebut harus dikelola dengan baik, sehingga menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi wisata dan wisatawan rela melakukan perjalanan di satu tempat wisata , " kata Tery.
( Rz )
FESTIVAL WISATA KELAM, DEWAN HARAP DIKEMAS SERIUS DAN MENARIK 4.5 5 Rizky Wednesday, June 19, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika, menjelaskan bahwa Kelam Tour...


No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *