GAWAI DAYAK, PANITIA KABUPATEN SUDAH SIAP

 on Thursday, June 20, 2019  




||www.beritakapuas.com||Pekan Gawai Dayak ke VIII di Kabupaten Sintang, sudah siap digelar. Semua panitia menyatakan diri sudah siap menggelar berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pekan gawai berlangsung.

Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Sintang 2019, Yustinus Jukardi, menjelaskan bahwa pihaknya sudah terus menerus melakukan persiapan persiapan untuk mensukseskan gawai ini.

“ Panitia sudah bekerja mempersiapkan kegiatan ini. Masing masing seksi juga sudah bekerja dan menjalankan tugas. Kami mengundang seluruh masyarakat Dayak di Kabupaten Sintang untuk mengunjungi dan memadati Kompleks Stadion Baning, Sintang, mulai Selasa 9 Juli sampai Sabtu 13 Juli 2019. Selain berbagai jenis perlombaan, kita juga akan melaksanakan seminar nantinya , ” terang Yustinus.

Sementara Koordinator Seksi Lomba, Sanli Risna menjelaskan, pada PGD Sintang ke VIII ini, pihaknya sudah merencanakan akan melaksanakan 15 jenis perlombaan.

“ Kita akan melaksanakan 15 jenis perlombaan seperti lomba menangkap babi, memainkan sape, display budaya, stan pameran, tari dayak kreasi, bujang dara gawai, menyanyikan lagu dayak dewasa ( putra dan putri ), menyanyikan lagu dayak anak anak ( putra dan putrid ), fashion show busana adat anak anak, melukis perisai, menumbuk dan menampik padi, kuliner khas dayak, sumpit ( perorangan dan beregu ), pangkak gasing dan menganyam manik. Saat ini masing masing lomba sudah dipersiapkan oleh panitia , ” jelas Risna.

Terkait kesiapan gelaran PGD Sintang ke VIII ini, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, yang juga adalah Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang, mengatakan bahwa Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang akan dilaksanakan di Kompleks Stadion Baning Sintang.

” Inilah komitmen DAD Kabupaten Sintang untuk menjaga, melestarikan, menanamkan nilai seni dan budaya Dayak di Kabupaten Sintang. DAD Kabupaten Sintang sudah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melaksanakan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII ini , ” terang Jefray Edward.

Menurut info, meski belum rampung, beberapa gelaran lomba gawai juga akan diadakan di Rumah Betang Adat Tampun Juah di Jerora Satu. Pekerjaan tahap akhir sedang dilakukan dengan anggaran kisaran Rp 2,4 M. Diharapkan tahun depan rumah betang ini sudah berfungsi penuh.

“ Pembukaan Pekan Gawai Dayak 2019 ini akan kita laksanakan di dalam stadion. Sementara panggung utama ada di depan indoor. Kita juga akan mulai arahkan beberapa lomba di Betang Tampun Juah di Jerora Satu. Supaya masyarakat Dayak di Kabupaten Sintang tahu bahwa kita sudah memiliki Betang Tampun Juah yang hampir rampung , ” ujar Yustinus, Ketua Panitia PGD.
( Rz )
GAWAI DAYAK, PANITIA KABUPATEN SUDAH SIAP 4.5 5 Rizky Thursday, June 20, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Pekan Gawai Dayak ke VIII di Kabupaten Sintang, sudah siap digelar. Semua panitia menyatakan diri sudah si...


No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *