HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

KENTAL GOTONG ROYONG, SUNGAI DIHARAPKAN JUARA LOMBA DESA




||www.beritakapuas.com||Desa Sungai Pukat, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang menjadi salah satu Desa di Kabupaten Sintang yang turut serta dalam kegiatan Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalimantan Barat Tahun 2019. Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni, berharap Desa Sungai Pukat dapat menjadi juara pada lomba desa kali ini, serta mampu mewakili Kalimantan Barat pada tingkat nasional.

“ Bagaimanapun juga, kita sangat memberikan dukungan kepada Desa Sungai Pukat, Kecamatan Kelam Permai, dapat menjadi juara. Karena Desa ini menurut Bupati, dua tahun lalu pernah menjadi juara kedua kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat ( P2WKSS ) se Propinsi Kalimantan Barat , ” ujar Syahroni, Selasa ( 18 / 06 / 2019 ).

Desa Sungai Pukat masih kental dengan Gotong Royong, contoh kecilnya ialah di desa ini sudah memiliki iuran desa yang dipungut dari masyarakat desa yang digunakan untuk berbagai hal, seperti kalau ada orang meninggal sudah ada dana nya, kemudian waktu pemakaman sudah ada dana nya, dari iuran desa tersebut.

Syahroni mengungkapkan, tujuan dari lomba desa ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri. Sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha usaha masyarakat dalam pembangunan desa selama satu tahun.

" Jadi secara umum, tujuannya adalah untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa atas dasar tekad dan kekuatan sendiri dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, politik, sosial dan budaya serta keamanan dan ketertiban , ” ungkap Syahroni.

Syahroni, politisi PKB ini menegaskan, bahwa bagian yang paling penting dari lomba desa adalah rasa kebersamaan, dan saling gotong royong di dalam masyarakat tetap terjaga untuk saling mendukung.

“Yang paling penting dalam lomba lomba Desa ini adalah bagaimana kita tetap membangun gotong royong di masyarakat. Jadi, tidak hanya kita lakukan penilaian semata mata, melainkan ada nilai nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbangun. Saling mendukung dan saling mendorong untuk kegiatan kegiatan yang bermanfaat di masyarakat , ” kata Syahroni.

Sementara itu, kata Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Desa Sungai Pukat ini sudah banyak terobosan terobosan dalam masyarakat desa nya.

“ Seperti rumah singgah, kemudian dari sektor produk unggulan desa seperti tenun ikat, beras hitam, padi pulut, minuman minuman terbuat dari alam, kemudian ada minyak kelapa yang berguna untuk menghilangkan flek flek hitam di wajah. Inilah inovasi terobosan terobosan yang dilakukan oleh Desa Sungai Pukat ” , tutur Jarot.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *