HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PERINGATAN HKG PKK ADALAH MOMENTUM BANTU ATASI KEMISKINAN




||www.beritakapuas.com||Peringatan Hari Kesatuan Gerak ( HKG ) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) yang ke 47 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sintang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang, Selasa ( 25 / 06 / 2019 ). Peringatan yang dihadiri oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ini, di gadang gadang sebagai momentum untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, mengatakan, sebagai mitra kerja pemerintah, Perberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) Kabupaten Sintang dituntut untuk senantiasa memperhatikan perkembangan dan dinamika masyarakat serta meningkatkan kualitas kinerjanya. Baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan kegiatan maupun mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, sebagai bahan pertimbangan di masa yang akan datang.

“ PKK sebagai mitra pemerintah dapat berpartisipasi membangun Kabupaten Sintang khususnya dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Seperti program KB, pencegahan KDRT, penurunan angka kematian ibu dan bayi dan lain sebagainya , ” kata Jeffray.

Jeffray mengatakan, permasalahan utama yang dihadapi ke depan dalam era globalisasi adalah laju pertumbuhan penduduk dan pengentasan kemiskinan. Maka dari itu, Jeffray berharap untuk program tim penggerak PKK ke depan, difokuskan penanggulangan kemiskinan, pendidikan dasar untuk semua, kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, menurunkan kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, membudayakan pola hidup bersih dan sehat, ketahanan pangan keluarga dan peningkatan pendapatan keluarga.

“ Dengan 10 program, PKK sangat berperan dengan persoalan kemisiknan. Sangat signifikan untuk dibantu dengan program PKK. Ada persoalan kesehatan dan pendidikan, kalau itu sudah dikerjakan oleh organisiasi OPD atau pemerintah pusat, saya kira PKK bisa ikut membantu persoalan itu. Banyak programnya selama ini dilakukan PKK dan mempunyai angka keberhasilan yang signifikan , ” kata Jefrray lagi.

Bupati Sintang juga menegaskan, tanpa PKK maka program Pemerintah akan sulit dituntaskan. Sebanyak 10,35 % dari total penduduk Kabupaten Sintang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

“ Peran PKK sangat penting dalam program ini, karena PKK sasarannya adalah keluarga yang berbasis pada dasawisma. Jadi, sangatlah tepat dengan program pemerintah Kabupaten Sintang yaitu mengentaskan kemiskinan , ” ujar Jarot.

Bupati Sintang juga mengajak seluruh pengurus PKK Kabupaten Sintang untuk meningkatkan kinerja dari gerakan PKK.

“ Kalau kita tidak dibantu oleh PKK, maka tidak akan bisa berhasil bagi Pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Sintang. Juga masalah stunting serta masalah sosial masyarakat lainnya. Karena, program PKK itu menyangkut sandang, pangan, kesehatan, perencanaan, tata laksana rumah tangga, dan gotong royong. Ini penting bagi kita semua , ” ungkap Jarot.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *