HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

PPDB, TUAH INGATKAN SESUAIKAN JUMLAH SISWA DAN GURU




||www.beritakapuas.com||Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) tahun 2019 di Kabupaten Sintang masih memakai sistem zonasi. Terlepas pro kontra dari berbagai pihak, dukungan akan sistem zonasi sekolah disampaikan anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Komisi C, Tuah Mangasih.

Namun menurut Tuah, Dinas Pendidikan harus membagi rata kuota siswa baru yang boleh diterima oleh setiap sekolah. Sehingga jangan sampai ada sekolah yang menerima siswa baru sebanyak banyaknya sehingga di sekolah lain tidak ada siswa yang mendaftar.

“ Sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru ini saya lihat baik untuk pemerataaan jumlah siswa di setiap sekolah , ” kata Tuah, politisi PDIP ini.

Kondisi ini biasa terjadi pada sekolah sekolah yang dianggap favorit. Sekolah favorit selalu kelebihan siswa baru. Parahnya lagi, sekolah sekolah favorit biasanya menerima siswa baru sebanyak banyaknya, sehingga sekolah lain sering kekurangan siswa.

“ Jumlah siswa dalam satu sekolah tidak boleh berlebihan. Jumlah siswa di sekolah, harus disesuaikan dengan jumlah guru yang ada di sekolah yang bersangkutan , “ kata Tuah mengingatkan.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus, menjelaskan bahwa sistem PPDB akan diterapkan pada Juni mendatang, termasuk penerapan sistem zonasi sekolah yang akan diterapkan 90 persen.

Hal tersebut diterapkan berdasarkan petunjuk teknis ( juknis ) dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Permendikbud ) 51/2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

“ Untuk zonasi hanya berlaku di sekolah negeri saja, sedangkan untuk sekolah swasta tidak diberlakukan , ” kata Yustinus, Selasa ( 11 / 06 / 19 ).
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *