HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

ZONASI, JEFFRAY MAU SEMUA SEKOLAH SEBANDING DI SEGI SARANA DAN PRASARANA




||www.beritakapuas.com||Sejak tahun lalu, sekolah sekolah di Kabupaten Sintang sudah mulai menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) dengan mengggunakan sitem zonasi . PPDB tahun ini berdasarkan petunjuk teknis ( juknis ) dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Permendikbud ) 51/2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Zonasi ini bertujuan mendekatkan pelayanan pendidikan dari anak anak ke sekolah. Jadi tidak ada lagi kesan bahwa ada sekolah favorit. Semua sekolah itu kesannya harus sama.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan, menjadi tugas pemerintah agar dapat lebih meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah yang ada di Kabupaten Sintang. Sehingga semua sekolah merata. Dengan begitu sistem zonasi ini akan berjalan baik.

“ Memang kalau kita bandingkan sarana dan prasarana di daerah dan di perkotaan tentu beda. Oleh sebab itu, harapan kita, pemerintah pelan pelan dapat meningkatkan kualitas sekolah, baik dari SDM maupun sarana prasarana , ” harap Jeffray, Selasa ( 25 / 06 / 2019 ).

Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) dengan mengggunakan sitem zonasi memiliki sisi untung dan ruginya. Untungnya, sekolah sekolah yang dibangun di daerah dapat terisi, artinya daerah sekitar tidak menyekolahkan anaknya ke luar.

“ Namun dari sisi lain, masyarakat yang menginginkan anaknya sekolah di kota atau pun daerah yang kualitas sekolahnya maju, merasa di rugikan , ” ujar Jeffray.

Jika sarana prasarana masing masing sekolah sudah sebanding, orang tua tak keberatan lagi untuk menyekolahkan anaknya di sekitar zona yang sudah ditetapkan.

“ Jadi pada prinsipnya kita benahi semua dulu. Supaya sistem ini dapat berjalan dengan baik , ” kata Jeffray lagi.
( Rz )

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *