SELAIN BAGUS, DEWAN JUGA MINTA INFRASTRUKTUR SAPRAS PLBN JUGA MEMADAI

 on Monday, July 8, 2019  




||www.beritakapuas.com||Pos Lintas Batas Negara ( PLBN ) akan segera dibangun di Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu. Keberadaan Pos Lintas Batas Negara ini tentu memiliki nilai strategis, baik politik, ekonomi dan kebudayaan. Rencananya, sebelum Pos Lintas Batas Negara Sungai Kelik dibangun, pemerintah akan terlebih dahulu membangun jalan menuju ke PLBN.

" Bordernya cantik, tapi infrastruktur yang diperlukan masyarakat masih jauh dari harapan, tentu ini tak berimbang. Jangan sampai ini terjadi di daerah kita , " harap Heri Jamberi, anggota DPRD Kabupaten Sintang, mengenai PLBN Sungai Kelik nantinya, supaya selain enak dipandang, juga memiliki infrastruktur, sarana, dan prasarana yang memadai, terutama bagi masyarakat sekitar.

Keinginan ini bukanlah tanpa alasan. Berkaca pada peristiwa yang dialami oleh Yuliana Titin ( 37 ), di mana setelah melahirkan anak ketiga nya di Puskesmas Entikong, harus digendong karena lemas, tidak memungkinkan naik kendaraan roda dua menyeberangi sungai.

Anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti, Pos Panga, membantu membawa pulang Yuliana Titin, dengan cara di tandu, untuk kembali ke rumahnya di Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong, yang jarak tempuhnya kurang lebih 4 Km, dengan medan yang berat, menyeberangi sungai, melewati jembatan gantung kecil.


" Saya pikir kejadian di Sanggau itu, juga terjadi di Sintang yang punya dua titik perbatasan dengan negara tetangga. Hanya saja mungkin tidak terekspos ke permukaan. Dengan kondisi tersebut, menunjukkan bahwa wilayah perbatasan masih sangat memerlukan perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih adalah infrastruktur jalan dan jembatan yang merupakan kebutuhan vital masyarakat , " ungkap Heri Jamberi, Minggu ( 07 /07 / 2019 ).

Politisi Partai Hanura ini juga menegaskan, mengelola wilayah serambi negara tidak hanya sebatas membangun fasilitas PLBN semata, namun juga yang langsung bersentuhan dan dirasakan oleh masyarakat wilayah perbatasan.

" Bukan kita mengecilkan arti dari adanya Pos Lintas Batas Negara yang sudah ada, dan yang akan dibangun di beberapa lokasi di Kalimantan Barat. Termasuk yang ada di Sungai Kelik nantinya. Jelasnya, keberadaan PLBN juga punya arti yang strategis bagi kedaulatan bangsa, namun faktor lain juga harus diperhatikan , " ujar Heri.

Apa yang dialami oleh Ibu Yuliana Titin ( 37 ), di mana setelah melahirkan anak ketiga di Puskemas Entikong, harus menempuh perjalanan jauh, jelas menunjukkan kesenjangan pembangunan yang terjadi.
( Rz )
SELAIN BAGUS, DEWAN JUGA MINTA INFRASTRUKTUR SAPRAS PLBN JUGA MEMADAI 4.5 5 Rizky Monday, July 8, 2019 ||www.beritakapuas.com|| Pos Lintas Batas Negara ( PLBN ) akan segera dibangun di Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu. Keberadaan...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *