HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

BERBAGI KEHIDUPAN LEWAT SETETES DARAH

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno membuka acara kegaitan donor darah dan sosialisasi stunting di Kecamatan Binjai Hulu, Rabu (02/10/2019). Foto oleh Humas.



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Puskesmas Mensiku bersama Pemerintah Kecamatan Binjai Hulu, Dinas Kesehatan Sintang dan PMI Sintang menggelar kegiatan Donor darah dan sosialisasi Stunting di di Aula Ruai Kitai, Kantor Camat Binjai Hulu, Kecamatan Binjai Hulu Sintang, Rabu (02/01/2019). Kegiatan ini digagas dalam upaya menyediakan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD A.M Djoen Sintang secara khusus bagi ibu melahirkan. Ini upaya bersama untuk menurunkan terjadinya angka kematian ibu melahirkan, nifas dan bayi/balita.

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang turut hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa donor darah memiliki filosofi untuk saling berbagi kehidupan kepada yang membutuhkan.
“donor darah merupakan berbagi dalam kehidupan yang paling mudah dilakukan, karena melalui donor darah menunjukkan bahwa kita hidup tidak membeda-bedakan siapa saja, karena dengan donor darah membagi kehidupan kepada semua orang yang membutuhkan, itu filosofinya”, kata Jarot.

Jarot, juga menambahkan bahwa kebutuhan akan darah sangatlah banyak. Untuk menjaga ketersediaan darah sangat diperlukan para pendonor dari mana saja.  Darah hasil donor itu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, bukan hanya orang Sintang saja, tetapi se-Kalbar. Jarot memberikan apresiasi kepada Kecamatan Binjai Hulu yang angka kematian ibu melahirkan terpantau, nihil.

“saya berikan apresiasi, karena Kecamatan ini luar biasa, kalau begini Pemkab semangat untuk membantu terus, karena angka kematian ibu melahirkan terpantau tidak ada, sehingga kedepannya perlu adanya dari pihak puskesmas ataupun pustu untuk terus bekerja secara door to door, kerumah-rumah warga untuk mengecek kesehatan,” puji Jarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, meminta kepada pihak Kecamatan dan Puskesmas untuk mempertahankan Angka Kematian Ibu Melahirkan di Kecamatan Binjai. Ia juga mengungkapkan Puskesmas Mensiku Kecamatan Binjai Hulu ini merupakan satu-satunya Puskesmas yang sudah memiliki database tentang golongan darah.

“perlu diketahui, bahwa Angka Kematian Ibu Melahirkan di Kecamatan Binjai Hulu ini masih nol, tolong dipertahankan”, kata dr.Sinto. “Kedepannya mudah-mudahan bisa segera dibentuk tim sukarelawan donor darah, dan 19 Puskesmas lainnya saya minta untuk belajar dengan puskesmas Mensiku ini apa saja inovasinya”, ujarnya. (INA)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *