HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

GUNAKAN TEKNOLAGI UNTUK PENGOLAHAN PERTANIAN

Bupati Sintang, dr Jarot Winarno lakukan kunjungan kerja bersama pengurus HKTI Pusat, Rabu (02/10/2019). Foto oleh Humas


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Teknologi sangat berperan penting dalam banyak sendi kehidupan saat ini, termasuk disektor pertanian. Pemanfaatan teknologi dapat diterapkan mulai dari rekayasa genetika tanaman hingga pengolahan limbah sisa panen. 

Dewan Pakar DPN HKTI, Winston Pardamean Simanjutak pada kunjungannya di Sintang, Rabu (02/10/2019) mengatakan, sebagai contoh, kelapa sawit yang direplanting , selain dibakar dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar padat; Karet tidak hanya bisa di fungsikan untuk furniture saja, dengan teknologi canggih seperti saat ini diharapkan dapat dikelola menjadi energi.

“Dengan teknologi sekarang yang tinggi kita bisa bikin banyak hal, hanya saja memang diperlukan pemetaan dan uji kekuatan bahan-bahan itu,” kata Winston.

Pada kesempatan ini, setelah mendengarkan sejumlah hal yang di sampaikan oleh para petani, Winston meminta Pemerintah Kabupaten Sintang untuk membuat pemetaan dan perencanaan program bidang pertanian, agar HKTI pusat dapat membuat suatu program dalam rangka mendukung upaya dan kegiatan tersebut.

“sehingga kita siapkan sumberdaya pembimbing, nanti kita koordinasikan dengan menteri pertanian tentang pupuk dan bibit, saya minta pemetaan itu tergambarkan. Misal di Sintang ini buah-buahan yang bagus ini, produksinya sekian, sehingga nanti kita arahkan perusahaan apa yang mau mengembangkan ini, siapa-siapa yang mau mengambil dengan harga yang tentunya petani di untungkan, sehingga kestabilan harga itu terjaga”kata Winston.

Bupati Sintang Jarot Winarno menanggapi hal tersebut, terkait Sawit dan Karet, sawit yang paling tertua di Kabupaten Sintang ini di tanam 23 tahun yang lalu, 2 tahun lagi sudah harus di replanting atau sudah ditanam kembali. Saat ini sudah didata, ada 1.470 hektar siap untuk direplanting dengan menggunakan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP), tinggal menunggu hasil peninjauan Departemen Pertanian dan Perkebunan.
Sementara untuk karet luasan perkebunan karet yang harus di replanting di Kabupaten Sintang ini kalau di total sekitar 9.000 hektar. Saat ini di Sintang, ada salah satu investor yang mau membangun pabrik finger joint dengan menggunakan bahan dari pohon karet yang tua.

Terkait pendampingan bagi para petani, Jarot mengatakan akan di lakukan melalui Dinas Pertanian dan perkebunan dan juga HKTI Kabupaten Sintang. Usai menghadiri kegiatan di Desa Ransi Kecamatan Sui Tebelian, Bupati Sintang bersama pengurus HKTI pusat melanjutkan kunjungan kerjanya ke Desa Pelimping, Kecamatan Kelam Permai, untuk melauching Langkau Tani “Centre Edukasi Petani Terpadu” (CEPT). Kemudian lanjut berdialog bersama para petani serta penanaman bibit teh oleh Bupati, pengurus HKTI dan Tim Solidaridad. Rombongan juga meninjau kebun pembibitan teh di komplek Rumah Kopi, Desa Kebong, Kelam Permai. (INA)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *