TUTUP KEGIATAN JEMELAK EXPO 2019, BUPATI SINTANG PESAN: TERUS JAGA ALAM KITA

 on Monday, October 28, 2019  


Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno menutup rangkaian kegiatan Jemelak Expo tahun 2019 di Kelurahan Akcaya 1 Sintang, Minggu (27/10/2019). Foto oleh Humas

WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Kegiatan Jemelak Expo yang berlangsung sejak 23 Oktober hingga 27 Oktober 2019 ditutup oleh Bupati Sintang dr H Jarot Winarno, Minggu (27/10/2019). Kegiatan tersebut berhasil melaksanakan 17 jenis perlombaan dan beberapa kegiataan lainnya. Pada malam penutupan tersebut, diserahkan juga piala dan uang pembinaan bagi para pemenang lomba, seruan untuk bersama-sama menjaga kawasan Danau Jemelak, hiburan oleh artis lokal dan Willy Jhin Kopi Dadu yang merupakan YouTuber asal Sanggau.

“Kita harus berupaya menjaga kehidupan yang harmoni dengan alam. Kita Kabupaten Sintang sudah memilih sebagai kabupaten lestari. Masyarakat, program kerja, aktivitasnya berupaya menjaga alam supaya tetap lestari namun ekonomi tetap tumbuh dan kearifan lokal tetap kita jaga. Kita hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi tanpa mengurangi kemampuan dan peluang generasi masa depan untuk menikmati lingkungan  dan alam yang lestari” terang Bupati Sintang. “Sintang ini sama dengan luasnya dengan Provinsi Jawa Barat. Dan dari luasan itu, 1,2 juta hektar atau 60 persen merupakan kawasan hutan sisanya 40 persen bukan kawasan hutan. Dan dari 1,2 juta hektar itu, 880 ribu hektar yang masih hutan asli. Artinya kita telah kehilangan kawasan hutan sekitar 300 ribu hektar. Cukup sudah kita kehilangan kawasan hutan. Dan kekayaan alam dan kawasan konservasi tinggi harus kita jaga. Kita sudah tetapkan 12 danau yang ada di Sintang yang harus di lindungi termasuk danau jemelak ini” tambah Bupati Sintang.

“Danau Jemelak ini saya anggap surga tersembunyi yang jaraknya dengan Kota Sintang sangat dekat. Dua kali sudah kita berupaya mempromosikan  danau jemelak ini. Dan semakin menarik, ramai dan danau jemelak semakin di kenal oleh masyarakat luas. Danau Jemelak ini merupakan area konservasi bernilai tinggi. Saya bangga kegiatan Jemelak Expo betul-betul dilaksanakan oleh masyarakat sipil karena bentuk kecintaan kepada kawasan yang lestari. Tahun depan kita rancang kegiatan  yang sama namun lebih besar, lebih menarik dan ramai. Kita dorong agar kegiatan serupa di tahun depan, jemelak expo dirancang sedemikian rupa supaya lebih menarik” pesan Bupati Sintang.

Ketua Panitia Jemelak Expo 2019 Larry Hans menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung sejak 23 hingga 27 Oktober 2019 berlangsung aman dan lancar.

“Pantauan kami, sambutan dan antusiasme masyarakat sangat tinggi. Kami akan pertimbangkan untuk melaksanakan kegiatan ini di tahun mendatang dan akan lebih meriah. Kami mohon dukungan dari pemerintah dan non government organization (NGO) yang peduli dengan pelestarian danau jemelak. Lokasi ini sangat dekat dengan pusat Kota Sintang. Sehingga memang sangat potensial untuk dikembangkan. Danau Jemelak menjadi tempat  alternatif baru untuk berwisata,” lapor Larry Hans. (INA)
TUTUP KEGIATAN JEMELAK EXPO 2019, BUPATI SINTANG PESAN: TERUS JAGA ALAM KITA 4.5 5 Marselina Monday, October 28, 2019 Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno menutup rangkaian kegiatan Jemelak Expo tahun 2019 di Kelurahan Akcaya 1 Sintang, Minggu (27/10/2019). ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *