JAROT KUNJUNGI MUNGGUK KELAPA GUNA DEKLARASI DESA ODF

 on Friday, February 28, 2020  

Foto oleh Prokopim



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Desa Mungguk Kelapa jadi desa pertama di Kecamatan Ketungau Hilir yang mendeklarasikan dirinya sebagai desa ODF (Open Defecation Free). Deklarasi ini dihadiri oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno dan Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny. Kegiatan ini dilakukan pada Jum'at (28/02/2020) pagi.

 “Tiga puluh empat tahun yang lalu saya mengabdi sebagai dokter di ketungau hilir ini,transportasi untuk menuju ke suatu desa harus melalui sungai, tidak seperti sekarang ini,dan penyakit -penyakit yang saya tanggani  pun masih penyakit pada umumnya. Sekarang, kita marak dengan isu penyakit virus corona yang berasal dari hewan,penyakit yang menular dari hewan-hewan yang ada di sekitar lingkungan kita,” kata Jarot. “Perlu kita sadari dengan menjaga kebersihan  lingkungan, dengan menjaga sanitasi total, inilah salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit. Kita harus terapkan dengan hidup bersih, contoh nya dengan cara tidak berak sembarangan, mencuci tangan sebelum memegang makanan, menjaga makanan kita selalu tertutup, menjaga sampah rumah tangga tidak berserakan, dan menjaga limbah rumah tangga kita, dari lima hal tersebut kita sebut dengan sanitasi total berbasis masyarakat,” paparnya.

Menurut Jarot, desa-desa dipesisir Sungai Ketungau hendaknya menjadi lebih maju. Peran serta masyarakat lewat deklarasi ODF ini menjadi sangat penting, karna menunjukkan kepedulian bersama untuk menjadi lebih maju.

"Saya bangga jika desa mungguk kelapa dari desa berkembang menuju desa yang maju. Kita harapkan desa-desa yang ada di pingiran sungai ketungau ini akan kita prioritaskan menjadi desa yang lebih maju,” harap Jarot. (ina)


JAROT KUNJUNGI MUNGGUK KELAPA GUNA DEKLARASI DESA ODF 4.5 5 Marselina Friday, February 28, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Desa Mungguk Kelapa jadi desa pertama di Kecamatan Ketungau Hilir yang mendeklar...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *