SINTANG GELAR SEMINAR NASIONAL KEHUTANAN

 on Thursday, February 13, 2020  

Foto oleh Prokopim



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Fakultas Pertanian Universitas Kapuas (Unka) Sintang menggelar acara Seminar Nasional Kehutanan di Aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu (12/2/2020) pagi. Kegiatan ini mengusung tema ‘Pengelolaan Hutan Lestari Berbasis Industrialisasi 4.0’.

Dekan Fakultas Pertanian Unka Sintang, Syarif Nizar Kartana mengatakan dengan adanya seminar ini diharapkan bisa memberi pemahaman kepada seluruh stakeholder terkait, mengenai alternatif cara mengelola hutan lestari berbasis industrialiasasi 4.0 tanpa meninggalkan kearifan lokal masyarakat Kabupapaten Sintang.

“Karena terkadang dalam pengelolaan sering terjadi benturan antara hal tersebut. Untuk itu melalui penyampaian yang di sampaiakn oleh para keynote speaker bisa memberkan kita wawasan yang baru dalam mengelola hutan di Kabupaten Sintang kedepannya,”ujar Nizar.

Adapun Keynote Speaker pada Seminar Nasional Kehutanan ini yakni Kepala LLDikti Wilayah XI Kalimantan Prof. Dr. Ir. H. Udiansyah, M. S, Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Ir. Arief Mahmud, M. Si, Guru Besar Fahutan Untan Pontianak Prof. Dr. Ir. H. Abdurrani Muin, M. S, Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Agung Nugroho, S.Si, MA, Dirjen Planologi Kahutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) - KLHK Prof. Dr. Ir. Sigit Hardwinarto, M. Agr, Sekditjen PKTL -KLHK Ir. Kustanta Budi Prihatno, M. Eng dan Rektor Unka Sintang Dr. Antonius, S. Hut. M. P.

Turut menjadi pemateri sekaligus membuka acara tersebut, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno. Dalam sambutannya Jarot menyampaikan bahwa menurut SK Menhut 733, Kabupaten Sintang yang luasnya 2,1 juta hektar ini, kawasan hutannya adalah 1,2 juta hektar, terakhir di hitung oleh WWF, di mana di hitung dari nilai koservasi tinggi (NKT) 1 sampai NKT 6 dimana final dari hitungan dari WWF tersebut yang juga sedang Pemkab pelajari bahwa dari 1,2 hektar kawasan hutan ini sekarang ini tersisa 970an ribu hektar.

“Adanya ilegal logging, belum adanya konformitas antara adat lokal dengan konsep kita soal hutan, dengan adanya 41 desa yang masih di dalam kawasan hutan, Alhamdulillah itu kita masih bisa mempertahankan 900 lebih kawasan hutan forest cover yang masih berhutan, ini terbagi dua, 870an itu di dalam kawasan hutan kemudian sisanya kurang lebih 61 ribu di luar kawasan hutan tetapi masih berhutan. kira-kira potret hutan di sintang akan seperti itu, jadi ini masih mengembirakan buat kita” terang Jarot.  (ina)

SINTANG GELAR SEMINAR NASIONAL KEHUTANAN 4.5 5 Marselina Thursday, February 13, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Fakultas Pertanian Universitas Kapuas (Unka) Sintang menggelar acara Seminar Nasio...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *