SINTANG LAKUKAN KOORDINASI FORUM KETEMENGGUNGAN ADAT DAYAK (FKAD)

 on Wednesday, February 12, 2020  

Foto oleh Prokopim



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Bertempat di Aula Hotel Cika Sintang, Selasa (11/02/2020), Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka acara rapat koordinasi forum Ketemenggungan adat Dayak (FKAD) se-Kabupaten Sintang. Kegiatan ini mengusung tema, ‘Pemantapan Tugas dan Fungsi Temenggung dalam Rangka Sinergitas Tatanan Hukum Adat Dayak’.

Askiman mengatakan dalam kepengurusan dan lembaga hukum adat Dayak, peranan temenggung harus benar-benar dilihat dari fungsi dan tugasnya serta harus melihat struktur dari lembaga adat itu sendiri. Ia menambahkan, tugas temenggung dalam mengatur dan membina hendaknya berkolerasi dengan hukum negara yang berlaku.

"Peran seorang Temenggung harus mampu mengkolerasi antar sub suku dengan ketua adat yang ada di desa- desa sehingga mampu menjaga komunikasi yang baik. Selain itu, kepada lembaga adat yang ada, juga harus memiliki satu kepercayaan yang bagus sehingga akhirnya menjadi masyarakat adat yang memiliki budaya yang kuat," kata Askiman. “Daerah yang sudah memiliki hukum adat dan lembaga adat yang kuat ini harus kita pegang teguh sehingga mampu menghasilkan kekompakan dalam melaksanakan hukum adat yang berlaku,” tegasnya.

Menurut Askiman, fungsi sebagai temenggung selaku panutan dalam masyarakat adat yang beradab haruslah mampu memimpin dalam suatu kelompok sub suku di daerah masing masing. Seorang temenggung hendaknya mampu mengayomi semua masyarakat,menjadi panutan dalam lingkungan masyarakat,karena sudah ada perjanjian dengan para leluhur dan alam

"Temengung tidak hanya berdiri sendiri berdasarkan sub suku yang ada, namun peran temenggung di lahirkan sejak adanya peradaban masyarakat dayak dan leluhur yang telah ada, dan tugasnya merupakan yang berat, jika temenggung melakukan kesalahan akan mendapatkan hukuman dari alam dan para leluhurnya,” ujar Askiman. (ina)

SINTANG LAKUKAN KOORDINASI FORUM KETEMENGGUNGAN ADAT DAYAK (FKAD) 4.5 5 Marselina Wednesday, February 12, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Bertempat di Aula Hotel Cika Sintang, Selasa (11/02/2020), Wakil Bupati Sintang,...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *