JAROT BANGGA DESA MAPAN JAYA MENDEKLARASIKAN DESA ODF

 on Thursday, March 12, 2020  

Foto oleh Prokopim



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Pada hari ini kita bersyukur di kabupaten Sintang terutama di Desa Mapan Jaya ini kita masih bisa mendeklarasikan sebagai Desa ODF, sebab kita masyarakat desa senantiasa sadar dan memahami pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari – hari” ungkap Jarot saat menghadiri deklarasi  Desa ODF (Open Defecation Free) di Desa Mapan Jaya Kecamatan Kayan Hulu Sintang, Rabu (11/03/2020).

“Kita mampu memberantas penyakit infeksi usus pada anak, bahkan kita bisa menurunkan angka stunting 42 persen pada anak, salah satu caranya itu dengan tidak berak sembarangan Saya bangga, Desa Mapan Jaya ini merupakan desa pertama di Kayan Hulu yang mendeklarasikan sebagai desa ODF atau tidak buang air besar sembarangan” tutur Jarot. “Dengan begitu desa telah mengusahakan proses sanitasi total berbasis masyarakat, bukan hanya sekedar bikin kloset dan tidak buang air besar sembarangan saja tapi harus menjalankan kebiasan hidup bersih lainnya” paparnya lagi.

Jarot menyatakan bahwa masyarakat bisa bersama menjaga desa, khususnya di lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dengan tidak buang air besar sembarangan. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, mencuci tangan sebelum memegang makanan atau pun sebelum makan, selalu menutup makanan dengan baik, selalu membuang sampah rumah tangga dengan benar, membuang limbah rumah tangga dengan benar, dengan begitu kita bisa menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan dari binatang, seperti lalat dan bintang lainnya.

Di daerah Kayan Hulu, penyakit  yang umum dijumpai, diare bagi anak anak, TBC, demam tinggi, penyakit infeksi usus. Menurut Jarot, penyakit -penyakit seperti ini tidak bisa diremehkan, bahkan penyakit seperti ini bisa menyebabkan kematian, terhambatnya masa pertumbuhan pada anak - anak kekurangan gizi, bahkan bisa menyebabkan Stunting pada Anak. (ina)

JAROT BANGGA DESA MAPAN JAYA MENDEKLARASIKAN DESA ODF 4.5 5 Marselina Thursday, March 12, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Pada hari ini kita bersyukur di kabupaten Sintang terutama di Desa Mapan Jaya ini...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *