JAROT HARAP PLTMH MAMPU TERANGI TIGA DUSUN DI UJUNG ALIRAN SUNGAI KAYAN

 on Thursday, March 12, 2020  

Foto oleh Prokopim


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “PLTMH ini akan mampu menerangi Desa Tapang Menua juga tiga dusun yang ada” kata Bupati Sintang, Jarot Winanrno saat lakukan tininjauan PLTMH Gurung Tajak di Desa Tapang Menua, Kecamatan Kayan Hulu Sintang, Rabu (11/03/2020).

“Kita sudah melihat dan mencari solusi untuk PLTMH Gurung Tajak ini supaya tahun ini bisa di Fungsikan kembali karena membangun PLTMH membutuhkan biaya yang mahal namun murah dalam pengunaannya” papar Jarot.  “Air terjun gurung tajak ini merupakan potensi yang sangat luar biasa harus kita jaga dan di manfaatkan sebaik baik nya untuk kemakmuran warga masyarakat yang ada di desa ini,tahun ini harus sudah berfungsi untuk menerangi desa Tapang Menua ini,” lanjutnya,

Jarot akui selama 4 tahun menjabat sebagai Bupati dari 391 desa  yang rata - rata sudah Ia datangi desa - desa yang terjauh dan terpencil di Kabupaten Sintang. Ia menilai persoalan yang dihadapi masyarakat pedalaman hampir sama, yaitu soal jalan, jembatan, listrik, dan sinyal. Jarot pun berharap dengan datangnya  rombongan Bupati ke Desa Tapang Menua, maka bersama mereka akan mencari solusi untuk membangun infrastruktur jalan dari kecamatan menuju desa-desa yang ada di perhuluan Sungai Kayan ini.

PLTMH Gurung Tajak di bangun pada tahun 2013 lalu sempat berfungsi namun juga pernah terhenti karena kepengurusan koperasi Apang Semangai yang tidak berjalan dengan baik. Jarak tempuh turbin ke desa sekitar 1,2 km bahkan tiang listrik pun sudah ada terpasang. PLTMH ini  berkekuatan 7500 watt, mampu menerangi sebanyak 218 kepala keluarga dan 845 jiwa dan pasilitas umum lainnya.

Perjalanan ke Desa Tapang Menua harus menempuh medan yang cukup sulit sebab desa ini merupakan desa paling ujung di aliran Sungai Kayan. Akses untuk sampai di desa ini hanya mengunakan sampan kayu dengan mesin 15 PK, dan jarak tempuh bisa memakan waktu 5 sampai 6 jam. Sampai saat ini belum ada akses transportasi darat menuju Desa Tapang Menua. (ina)

JAROT HARAP PLTMH MAMPU TERANGI TIGA DUSUN DI UJUNG ALIRAN SUNGAI KAYAN 4.5 5 Marselina Thursday, March 12, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “PLTMH ini akan mampu menerangi Desa Tapang Menua juga tiga dusun yang ada” kata Bu...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *