JAROT TEGASKAN LEGISLATIF UNTUK BEDAH APBD

 on Tuesday, March 24, 2020  

Foto oleh Humpro



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Hari ini alat kelengkapan dewan sudah lengkap, sehingga kita semua bisa berharap akan terjadi optimalisasi fungsi dan peran DPRD Sintang sebagai bagian dari Pemerintah Daerah sekaligus juga sebagai mitra yang sinergis dengan eksekutif untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi oleh  masyarakat Kabupaten Sintang,” kata Jarot saat hadiri rapat paripurna pengucapan sumpah janji Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang  di Ruang Sidang Gedung DPRD  Sintang, Senin (23/03/2020).

“Ada tantangan yang harus dihadapi oleh Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Sintang, untuk bisa menyelenggarakan tiga fungsi utama, yakni menyelenggarakan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020 tentang bedah APBD, fungsi legislasi, tantangan mengadapi situasi ekonomi yang anjlok,” tutur Jarot. “Tantangan dalam menyelenggarakan fungsi utama di legislatif yaitu dalam membedah APBD dengan melakukan pemangkasan dana dan peletakan dana untuk penanggulangan covid19 di Kabupaten Sintang. Dalam fungsi legislasi, pengadaan peraturan daerah hingga penggabungan sinkronisasi peraturan peraturan yang ada,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini Bupati Sintang ini juga menjelaskan dampak besar akibat Covid-19 terhadapa Kabupaten sintang khususnya. Ekonomic shock, rupiah anjlok, kapasitas fiskal negara terus terkuras, juga dana untuk melawan corona juga besar, sehingga dibutuhkan improvisasi, inovasi, dan ide-ide cerdas dari Pemkab dan DPRD Sintang untuk mengalokasikan dana yang terbatas untuk masyarakat Kabupaten Sintang.

“Terakhir ini saya sampaikan pesan Presiden RI, jangan hanya sibuk dengan tugas pokok dan fungsi kita saja, itu tidaklah cukup, kita harus mengawasi apakah proyek-proyek pembangunan benar-benar berdampak positif dan berdampak baik bagi masyarakat di Kabupaten Sintang,” ungkap Jarot. “Yang harus kita tegakkan sebagai fungsi pengawasan dari DPRD Sintang, dan Pemerintah Kabupaten Sintang, dan juga saya yakin kemitraan strategis dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif di Sintang akan semakin baik kedepannya,” tambahnya.

Jarot juga ucapkan selamat kepada Heri Jambri selaku Wakil Ketua 2 DPRD Sintang dengan masa jabatan 2019-2021 yang baru saja di lantik, tentunya ini menjadi suatu yang baik bagi DPRD Kabupaten Sintang. Pengucapan sumpah janji tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sintang, Yogi Dulhadi.  (ina)

JAROT TEGASKAN LEGISLATIF UNTUK BEDAH APBD 4.5 5 Marselina Tuesday, March 24, 2020 Foto oleh Humpro WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Hari ini alat kelengkapan dewan sudah lengkap, sehingga kita semua bisa berharap ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *