BUPATI SINTANG BERSILAHTURAHMI DENGAN TOKOH MASYARAKAT

 on Saturday, April 18, 2020  


Foto oleh Prokopim



WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh adat Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, Kamis, (16/4/2020). 

“Kita bersilaturahmi hari ini untuk menyamakan persepsi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang. Saya perlu mendapatkan dukungan dari tokoh semua agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan,” kata Jarot. “Kita wajib waspada, karena kasus corona ini, 86 persen itu tidak terdeteksi atau tidak bergejala namun menular. Data hari Rabu, 15 April 2020. Di Indonesia ada 5. 136 kasus, 469 meninggal dan 446 sembuh. Artinya sekitar 10 persen angka kematian. Maka, saya perlu bersilaturahmi dengan semua tokoh untuk kita mengambil langkah bersama supaya tidak seperti Italia. Kalau kita salah mengelola maka bisa seperti Italia,” terangnya lagi.

Menurut Jarot, saat ini kapasitas fasilitas alat kesehatan yang dimiliki Sintang sangat terbatas. Sintang, punya ruang isolasi hanya untuk 4 orang,  ventilator untuk 4 orang. Kondisi ini menjadi sebuah dilema tersendiri bagi pemerintah, karna selain melakukan persiapan perawatan masyarakat Sintang, RSUD Ade M. Djoen juga harus menerima kasus rujukan dari beberapa kabupaten sekitar.

“Di Indonesia kasus penyebaran corona ini baru mulai. Belum mencapai puncak. Kita tidak tau kapan puncaknya kasus ini. Ada perkiraan bulan Mei sudah mencapai puncaknya di Indonesia. Di 4 laboratorium yang bisa menguji cairan tenggorokan di pusat sudah menumpuk ribuan cairan yang menunggu antrian untuk di cek. Kabupaten Sintang kirim sampel, 12 hari kemudian baru hasilnya diketahui,” terang Jarot. “Gejala utama covid-19 adalah sesak napas. Paru-parunya yang diserang oleh virus corona. Di Kalbar 21 positif,  3 meninggal 6 sembuh. Sisanya masih dirawat. Kita Sintang merawat 1 orang saat ini. Data Kabupaten Sintang per Rabu, 15 April 2020 adalah yang melapor 3.089 orang. Seluruh kecamatan sudah ada ODP, 75 PDP, dan terkonfirmasi 0. Di Sintang sudah dilakukan tes terhadap 400 orang, hasilnya negatif semua. Alat rapid tes  sisa 200 alat lagi. Maka mari kita berjuang bersama,” paparnya lagi. (ina)

BUPATI SINTANG BERSILAHTURAHMI DENGAN TOKOH MASYARAKAT 4.5 5 Marselina Saturday, April 18, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh mas...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *