SUDIRMAN SEBUT OPERASI PASAR SEBAGAI SALAH SATU KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENANGANI DAMPAK COVID-19

 on Thursday, April 23, 2020  

Foto oleh Prokopim


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Operasi Pasar ini merupakan salah satu kebijakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam rangka menangani dampak ekonomi Covid-19,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang, Sudirman saat lakukan penyerahan secara simbolis barang Operasi Pasar (OP) kepada para lurah di Kecamatan Sintang dalam rangka penanganan dampak wabah Covid-19 di halaman Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang, pada Rabu (22/04/2020).

“Ada empat komoditas yang akan dilakukan pada Operasi Pasar dengan sasaran Kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang, yakni Gula pasir yang dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram, kemudian Bawang Putih dijual dengan harga Rp40.000 per kilogram, Bawang Merah dijual dengan harga Rp35.000 perkilogram, dan Telur dijual dengan harga Rp1.300 perbutir, dengan 10 Kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang,” terang Sudirman. “Ada pula bantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang diberikan kepada UKM di Sintang, berupa Gerobak dan kotak pendingin (coolbox) yang ditujukan kepada para pelaku usaha di Sintang, terkhusus untuk kotak pendingin (coolbox) diberikan kepada pedagang ikan di pasar Junjung Buih Sintang, kemudian untuk gerobak tersebut diberikan kepada pedagang bakso yang melakukan aktivitas usaha di Kota Sintang,” paparnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menjelaskan bahwa wabah covid-19 ini memberikan dampak yang sangat signifikan terutama sangat menyentuh tiga hal, pertama itu adalah shock kesehatan, yang kedua adalah shock ekonomi, dan yang ketiga adalah shock sosial, ini terjadi disorganisasi dan disfungsional sosial. Jarot mengaku pemerintah sudah minta kepada masyarakat perbankan untuk melakukan relaksasi hutang, serta menjadwalkan kembali hutang, jangan sampai masyarakat ditagih depkolektor

“Pak lurah dan Kades tolong catat, buat daftar nama, karena data 35.000 KPM itu dari pusat, tentunya masih banyak yang belum mendapatkannya, maka lurah dan kades mencatat,” tegas Jarot. “Karena selama ini masyarakat yang pantas menerima malah tidak dapat haknya, banyak yang tidak pantas menerima tetapi malah dapat, jadi bagi yang warganya pantas mendapatkan tapi belum dapat hak bantuannya maka akan dibagikan beras yang stand by di Kabupaten Sintang sesuai dengan prosedur yakni permintaan Lurah dan Desa disampaikan ke Camat kemudian Camat menyampaikan ke Dinas Sosial buat tembusan ke saya” lanjutnya. (ina)

SUDIRMAN SEBUT OPERASI PASAR SEBAGAI SALAH SATU KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENANGANI DAMPAK COVID-19 4.5 5 Marselina Thursday, April 23, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Operasi Pasar ini merupakan salah satu kebijakan upaya dari Pemerintah Kabupaten S...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *