VERONICA ANCHILI: MASYARAKAT DAPAT MEMBUKA LAHAN TANPA DIBAKAR

 on Friday, June 19, 2020  

Foto oleh Prokopim


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Setiap masyarakat dapat membuka lahan dengan cara pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB) dan pembukaan lahan dengan cara tanpa bakar, seperti penebasan atau penebangan,”  kata Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan Veronica Anchili saat mengikuti pelaksanaan Sosialisasi Perbup Sintang No. 18 Tahun 2020 di Balai Gaok Kecamatan Kelam Permai, pada Kamis (18/06/2020).

“Yang pertama kita mempunyai Perbup Nomor 7 Tahun 2018 diterbitkan pada bulan Juni 2018 dan terdiri dari 10 BAB. Akan tetapi dalam perjalanannya banyak yang harus diperbaiki,” jelas Veronica Anchili. “Perbaikan yang terbaru adalah Perbup Sintang Nomor 18 Tahun 2020 yakni tentang tata cara pembukaan lahan bagi masyarakat. Kemudian diperbaiki lagi dengan Perbup Nomor 31 Tahun 2020,” lanjutnya.

Veronica Anchili kemudian menegaskan apabila ingin membuka lahan dengan cara pembakaran terkendali memiliki tahapan-tahapan. Setiap masyarakat atau petani yang ingin melakukan pembakaran lahan harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh kearifan lokal di daerah masing-masing serta harus mendapat ijin dari pengurus setempat, misalkan lurah, kepala desa, ataupun tokoh masyarakat.

“Kita semua tidak ingin peristiwa-peristiwa yang telah terjadi terulang kembali, di Kalimantan Barat ini, Kabupaten Sintang merupakan kabupaten yang pertama membuat Perbup tentang tata cara pembukaan lahan,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat. “Lahirnya Perbup ini bertujuan untuk memberikan pengayoman serta perlindungan hukum kepada seluruh masyarakat kita dengan mengedepankan kearifan lokal,” lanjutnya. (ina)

VERONICA ANCHILI: MASYARAKAT DAPAT MEMBUKA LAHAN TANPA DIBAKAR 4.5 5 Marselina Friday, June 19, 2020 Foto oleh Prokopim WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Setiap masyarakat dapat membuka lahan dengan cara pembukaan lahan tanpa bakar (PLT...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *