DEWAN SINTANG HARAP TENAGA RELAWAN AKAN BERGABUNG UNTUK TANGGULANGI COVID DI SINTANG

 on Tuesday, October 27, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. RSUD Ade M Djoen Kabupaten Sintang yang ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 membutuhkan banyak tenaga kontrak guna menanggulangi Covid-19. Hal ini dikarenakan melonjaknya pasien Covid-19 yang ditanggulangi Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang akhir-akhir ini.


Untuk itu pihak manajemen RSUD Ade M Djoen Sintang membuka program rekrutmen tenaga kontrak penanggulangan Covid-19 dengan tujuan merekrut 35 perawat dan 2 dokter. Sampai proses rekrutmen yang sudah memasuki Tahap III pun kuota yang diinginkan belum juga tercapai dikarenakan sepi peminat.


Tidak tercapainya jumlah tenaga kesehatan yang diperlukan menurut Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh bukan dikarenakan kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) tetapi kembali ke niat masing-masing individu tersebut.


Dokter Sinto memaparkan bahwa menjadi tenaga relawan Covid-19 memang sangat beresiko. Ada tenaga medis yang juga terpapar Covid-19. Untuk itu ia menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa memaksa orang untuk menjadi tenaga relawan penanggulangan Covid-19.


"SDM kita banyak,tetapi kita tidak bisa memaksa mereka untuk bergabung," ungkap dr. Sinto.


Terkait hal ini Politisi dari Partai PKP Indonesia, Liyus mengharapkan tenaga ahli kesehatan mau mengajukan diri menjadi relawan demi nilai kemanusiaan. 


"Menjadi relawan di situasi pandemi ini merupakan sebuah panggilan negara yang wajib dilakukan, khususnya bagi tenaga kesehatan. Namun demikian kita ya tidak bisa memaksa seseorang untuk bergabung apalagi situasi yang sangat berisiko seperti mengurus pasien covid," ujar Liyus.


Menurutnya tidak semua orang bisa mengajukan diri untuk menjadi relawan tenaga kesehatan. Relawan haruslah orang yang mempunyai kapasitas di dunia kesehatan.


"Setidaknya relawan medis itu harus memiliki latar belakang kedokteran, keperawatan, atau farmasi," lanjut Liyus. “Harapannya tentu mereka yang punya kemampuan sebagai tenaga kesehatan tergerak hatinya dan mau bergabung bersama Tim Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sintang untuk bersama-sama memerangi Corona,” tambah Politisi PKBI itu. (ina)


DEWAN SINTANG HARAP TENAGA RELAWAN AKAN BERGABUNG UNTUK TANGGULANGI COVID DI SINTANG 4.5 5 Marselina Tuesday, October 27, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. RSUD Ade M Djoen Kabupaten Sintang yang ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 membutuhkan banyak te...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *